Indonesia-Prancis komitmen perjuangkan kemerdekaan Palestina

Indonesia-Prancis komitmen perjuangkan kemerdekaan Palestina
Pejuang Palestina memberikan perlawanan ke prajurit Israel. (AFP)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Dukungan untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian Indonesia dalam kunjungan Presiden Prancis, Francois Hollande.

“Iya, jadi salah satu perhatian kita saat Presiden Prancis ke Jakarta. Karena ada komitmen yang sama-sama tinggi antara Indonesia dan Prancis untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” tegas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmantha Nasir di Jakarta, Kamis (23/3).

Dalam isu ini, Prancis baru saja menggelar Internasional Peace Conference yang membahas kemerdekaan Palestina, Februari lalu dan dari Indonesia dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir.

“Di konferensi itu, Indonesia sangat terlibat aktif dalam perencanaannya maupun saat pelaksanaannya,” lanjut Arrmanatha.

Dikatakan Arrmanatha, Prancis memiliki posisi serupa dengan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution.

“Diharapkan, ada kerja sama yang lebih jauh lagi di isu ini karena di berbagai forum internasional seperti PBB, G20 dan lain sebagainya, kita juga pasti membicarakan soal ini,” tuturnya lagi.

Bantuan Indonesia ke Palestina pun sangat banyak dalam tujuan untuk membantu Palestina mencapai kemerdekaannya, seperti pembangunan rumah sakit dan dibukanya Konsul Kehormatan di sana.

Kerja sama pertahanan, perlawanan terhadap terorisme, maritim dan ekonomi kreatif juga menjadi bahasan dari pertemuan Hollande dengan Presiden RI Joko Widodo.

Hollande juga direncanakan akan hadir dalam peluncuran kerja sama ekonomi kreatif serta akan menghadiri dialog kemaritiman antara Indonesia dan Prancis. Hollande juga akan mengunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melihat kerja sama dua negara yang sudah berjalan selama ini. [Metrotvnews]

Related posts