Panglima TNI: Gelar devile kapal tempur untuk kenang Laksamana Malahayati

TNI AL akan garap film tentang Laksamana Malahayati
Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo. (Republika)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo, menyarankan agar panitia penyelenggara menggelar devile kapal tempur untuk mengingat dan mengenang jasa serta menghormati Laksamana Malahayati.

Hal itu disampaikannya pada pada Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dan Kepala Daerah dalam rangka persiapan even Sail Sabang 2017 di Sari Pan Pacifik Hotel, Jakarta, Rabu (29/3).

“Aceh kan punya pahlawan Laksamana Malahayati. Maka saran saya, ada devile kapal-kapal tempur untuk mengingatkan sejarah dan semangat perjuangan beliau, bahwa Laksamana Angkatan Laut pertama bangsa kita adalah seorang perempuan dan berasal dari Aceh,” kata Jendral Gatot disambut tepuk tangan para hadirin.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan laut, Laksamana TNI, Ade Supandi mengingatkan agar panitia memperbanyak atraksi serta memaksimalkan keunggulan Sabang, diantaranya adalah Tugu Nol Kilometer Indonesia dan keindahan bawah laut Sabang.

“Sabang merupakan titik nol Indonesia dan tugu Nol Kilometer ada disana. Selain itu, bawah laut Sabang juga sangat indah. Namun, penyelaman dalam jumlah besar harus dikaji ulang arena dikhawatirkan jika kita mendorong penyelaman dalam jumlah besar, maka potensi kerusakan lingkungan juga akan besar,” ujar Ade Supandi.

Sementara itu, Dadang dari Deputi Pariwisata dari Kementerian Pariwisata menegaskan bahwa pihaknya telah dan terus berkoordinasi dengan Pemkot Sabang untuk mengetahui perkembangan terkini terkait kesiapan pelaksanaan Sail Sabang 2017.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh dan Pemkot Sabang. Bahkan BPKS sudah berkoordinasi dengan pelaku wisata di Langkawi dan Phuket. Kita berharap dari sana akan banyak wisatawan yang hadir. Kami juga sudah siapkan Yacht Rally. Setidaknya ada 11 kapal Yacth Rally yang akan hadir,” ungkap Dadang. [Aidil/rel]

Related posts