Pahlawan Aceh yang di pameran memperingati 144 tahun perang Aceh, di komplek Museum Aceh, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh (PDIA) informasi sejarah Aceh penting untuk diketahui bagi masyarakat. Pasalnya jika dilihat dalam kurun waktu perjalanannya, Aceh memiliki banyaknya kejadian-kejadian penting pada masa lalu.

‘’Informasi tentang Aceh sangat penting saat ini mengingat sejarah panjang pada masa lalu seperti perang Aceh misalnya,’’ kata Sekretaris PDIA, Mukhlis kepada kanalaceh.com pada acara memperingati 144 tahun atas deklarasi perang Belanda terhadap Aceh di Komplek Museum Aceh, Banda Aceh, Rabu (29/3).

Untuk itu, pihaknya terus berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa perang bukan jalan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah, mengingat banyaknya konflik perang yang terjadi di Aceh.

Ads

Ia pun mencontohkan bahwa perang di Aceh ialah perang yang sangat lama dan salah satu perang paling banyak kerugiannya. “bahkan korban jiwa juga tidak bisa dihindarkan,’’ ungkapnya.

Ia mengakui, banyaknya dokumen tentang perang Aceh yang tercecer, jadi pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk merajutnya kembali. “Dengan Bidang Informasi yang lebih canggih saat ini mudah-mudahan mempermudah di akses oleh masyarakat,” katanya.

PDIA juga akan mengatur kembali mulai dari pernyataan perangnya, proses awal Aceh kemudian perang itu sendiri, dampak perang sampai dengan pandangan dari pada perang itu sendiri.

‘’Karena sebagian besar orang Belanda juga tidak setuju dengan perang dampaknya terlalu dashyat bagi mereka,’’ kata dia. [Fahzian Aldevan]

Ads

Comments are closed.