Mau ke Pulau Weh? Liat rute perjalanan Ini, mudah dan murah

Sail Sabang, Menteri Luhut harapkan Aceh jadi tujuan pariwisata populer
Pulau Rubiah di Pulau Weh, Kota Sabang. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

(KANALACEH.COM) – Di Indonesia, berlibur ke pulau identik dengan biaya mahal karena sulitnya transportasi. Namun, untuk menuju Pulau Weh, Sabang, Aceh, biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar dan dapat ditekan.

Kuncinya cerdas dalam memilih transportasi. Tenang, pilihan transportasi umum ke Pulau Weh begitu beragam dan tersedia dalam berbagai tingkatan harga.

Inilah rute perjalanan ke Sabang, Pulau Weh yang dimulai dari Jakarta:

* Jakarta-Aceh

Ambil penerbangan ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh. Harga tiket pesawat normal dari Jakarta ke Aceh berkisar Rp600 ribu, jika musim libur harga tiket naik sampai dua kali lipat.

Alternatif lainnya, jika traveler tak mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah ke Aceh atau justru dapat tiket pesawat promo, cobalah ambil penerbangan ke Kuala Namu, Sumatera Utara.

Kemudian naik bus antar kota dari Medan ke Banda Aceh yang dipatok tarif lebih kurang Rp200 ribu.

Waktu tempuh dari Medan menuju Banda Aceh adalah 12 jam.

* Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda-Pelabuhan Ulee Lheue

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda terletak di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar. Jaraknya sekitar satu jam ke kota Banda Aceh. Sementara Pelabuhan Ulee Lheue berada di Kota Banda Aceh.

Jadi jika kamu ingin segera menuju pelabuhan dari bandara, alternatifnya ada empat, yakni taksi, damri, becak motor, dan labi-labi (kendaraan khas Aceh).

Tarif keempatnya tentu berbeda. Taksi disesuaikan dengan argo.

Damri dari Bandara ke Banda Aceh Rp20 ribu, becak motor sesuai dengan penawaran, dan labi-labi memiliki harga carter (jika rombongan) dan harga perorangan.

Mencari becak motor dan Labi-labi memang agak sulit di kompleks bandara. Untuk itu berjalanlah keluar dari kompleks bandara untuk mencari dua transportasi tersebut.

* Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh-Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh

Ada dua alternatif menuju Pulau Weh yakni dengan kapal cepat atau kapal lambat (feri).

Dalam sehari ada tiga feri yang berlayar dari pelabuhan Ulee-Lheue (Banda Aceh) menuju pelabuhan Balohan (Pulau Weh) yakni pukul 08.00, 11.00, dan 16.00 WIB.

Harga tiket Rp 25 ribu dengan lama perjalanan dua jam. Sementara untuk kapal cepat yang memakan waktu perjalanan 45 menit.

Dalam sehari memiliki dua kali jadwal keberangkatan yakni pukul 08.00 dan 14.30 WIB, dengan harga tiket Rp 85 ribu.

Penting untuk dicatat khusus hari Jumat, kapal feri memiliki jadwal yang berbeda. Kemudian faktor cuaca dan lainnya juga berpengaruh pada waktu keberangkatan kapal. [Tribunnews]

Related posts