Pemerintah Aceh bentuk tim khusus telusuri Suku Mante

Soal Suku Mante, Mensos: Kita lindungi sehingga akar budaya tidak hilang
Diduga Suku Mante. (Youtube)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh akan membentuk tim khusus untuk melakukan penelitian soal keberadaan suku Mante. Pemerintah akan melakukan pendekatan melalui ulama untuk dapat berhubungan dengan suku Mante.

“Sudah dibentuk timnya untuk menelusur, karena ini menyangkut sejarah Aceh sangat banyak,” ujar Gubernur Aceh Zaini Abdullah di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (30/3).

Zaini menyebut masalah lingkungan menjadi penyebab terpinggirkannya suku Mante. Zaini menambahkan, secara pribadi keberadaan suku Mante hanya diketahuinya lewat cerita-cerita orang tua.

“Saya kira ini menyangkut dengan illegal loging, moratorium dengan mining. Saya kira ini bersangkutan satu sama lain, juga ini efeknya ke sana juga. Di samping satwa yang keluar, manusia juga. memang ada , kita akan coba melindunginya nanti,” ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada data resmi soal jumlah suku terdalam yang berada di wilayah Aceh. Dia mengatakan, pemerintah juga akan mencoba melakukan pendekatan dengan suku Mante. Salah satu caranya dengan melakukan pendekatan melalui ulama.

“Ya mudah-mudahan kita dapat kita akan mencoba pendekatan atau macam mana kita pakai ulamanya yang mengetahui pikiran gaib mereka. Ada juga kan begitu, walaupun kita tidak percaya, tapi ada juga di Aceh banyak betul itu,” jelasnya. [Detik]

Related posts