Malaysia deportasi ratusan pekerja asal Korut

Malaysia deportasi ratusan pekerja asal Korut
Ilustrasi deportasi.

Kuala Lumpur (KANALACEH.COM) – Pemerintah Malaysia telah mendeportasi lebih dari 140 pekerja asal Korea Utara (Korut). Mereka dideportasi karena izin kerja yang dimiliki telah kedaluwarsa atau melampaui batas waktu yang ditetapkan.

Wakil Menteri Dalam Negeri Malaysia Masir Kujat mengatakan para pekerja asal Korut tersebut ditangkap oleh Departemen Imigrasi di Sarawak sekitar sebulan lalu.

“Mereka diketahui telah bekerja di negara ini tanpa izin yang sah. Semuanya telah dideportasi ke negara asalnya,” ujarnya seperti dilaporkan laman Asian Correspondent, Minggu (2/4).

Adapun proses deportasi, Masir menerangkan, dilakukan secara bertahap dalam kelompok. Pada Jumat (31/3) lalu, pemerintah Malaysia telah memulangkan kelompok pekerja Korut yang terakhir.

Menurut Masir, semua pekerja yang berasal dari negara lain, termasuk Korut, harus mematuhi prosedur yang ditetapkan Malaysia. “Pemerintah tidak akan mengubah prosedur yang ada untuk imigran Korut untuk bekerja di negara ini,” tuturnya.

Dideportasinya para pekerja tersebut membuat hubungan diplomasi antara Malaysia dengan Korut kembali memanas. Sebelumnya kedua negara itu sempat bersitegang di tengah penyelesaian kasus pembunuhan saudara pemimpin Korut, Kim Jong-nam. [Republika]

Related posts