Hewan ternak di Langsa masih berkeliaran di jalan

Hewan ternak di Langsa masih berkeliaran di jalan
Hewan ternak peliharaan, sapi yang mengorek sampah sehingga berserakan. (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Kendati Pemerintah Kota Langsa sedang giatnya membenahi beberapa indikator kawasan hijau, sehat dan bersih dalam rangka mempertahankan proses penilaian tim Adipura ke 2, namun hewan peliharaan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing masih saja berkeliaran di jalan-jalan kota tersebut.

Irwansyah salah seorang perangkat Gampong Langsa Kota kepada Kanalaceh.com, Selasa (4/4) mengakui bahwa hewan ternak masih tetap saja berkeliaran di jalan-jalan Kota Langsa, padahal baru sehari lalu petugas Satpol PP Kota Langsa menangkap 3 ekor sapi dan diamankan ke kantor tersebut.

Irwan menambahkan, setiap pagi keberadaan hewan ternak yang dilepas oleh pemiliknya itu selalu saja menuju tempat pembuangan sampah mencari makan sehingga sampah yang ada di tempat itu berserakan.

“Meski jumlah sapi, kerbau dan kambing tidak terlalu banyak diperkotaan ini, namun perlu partisipasi warga agar jangan membiarkan hewan sapinya berkeliaran,” kata Irwansyah.

Terkait dengan penindakan penangkapan 3 ekor sapi yang dilakukan Satpol PP pada Senin (3/4) lalu warga harus berurusan dengan petugas Satpol PP untuk menyelesaikan segala sanksi pelanggaran Qanun Pemko Langsa Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penertiban Hewan Ternak.

Walikota Langsa, Usman Abdullah yang sempat menyambangin Kantor Satpol PP mengimbau kepada siapapun pemilik hewan ternak untuk tidak melepas hewan peliharaannya secara sembarangan, baik di kota mapun di perkampungan karena mengganggu ketentraman dan lingkungan. [Erza]

Related posts