Ini 5 manfaat musik bagi kinerja otak manusia

(KANALACEH.COM) – Fenomena bagaimana musik dapat memengaruhi otak manusia sudah diteliti sejak lama. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi diperlukan gotong royong dari berbagai bagian otak untuk mengenali dan merangkai suara yang diterima saat kita mendengarkan musik.

Apa saja efek musik pada kinerja otak?

Berikut beberapa cara musik dapat mempengaruhi otak:

Ads
  1. Musik memicu perkembangan otak

Suatu studi oleh Nina Kraus yang dimuat di website Live Science menunjukan bahwa orang yang berlatih main alat musik dapat merespons suara dan bahasa lebih baik. Mereka juga akan cenderung mengalami proses penuaan otak yang lebih lambat. Dalam studi lainnya, Kraus juga menemukan berlatih alat musik bisa meningkatkan kemampuan seseorang untuk mendengar dalam suasana bising, dan mengenali aspek emosi dari suatu ucapan.

  1. Membantu otak lebih berpikir kreatif

Setiap mendengarkan musik yang baru, otak kita membentuk struktur kecil yang baru berdasarkan rangkaian nada yang didengar. Proses tersebut juga membantu kira membentuk cara berpikir yang baru. Fakta menarik lainnya adalah, jika kita rajin mengikuti tren musik atau mendengarkan musik yang baru, ini dapat meningkatkan kreativitas.

  1. Membantu mempelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa dari lirik lagu tertentu yang menggunakan bahasa lain selain bahasa ibu kita, akan membuat otak lebih cepat mengingat dan memprediksi struktur kalimat dan bahasa yang digunakan di lagu tersebut.

  1. Memicu distraksi

Dengan mendengarkan musik, otak akan lebih banyak memproses suara yang diterima, dibandingkan fokus pada rasa lelah. Tetapi cara ini mungkin hanya efektif untuk aktivitas olahraga ringan dengan gerakan berulang, serta tidak menimbulkan rasa nyeri,

  1. Membantu mengingat

Musik dapat memicu kerja otak dalam menggali suatu informasi yang diingat oleh seseorang. Masih belum diketahui bagaimana sebenarnya mekanisme tersebut terjadi, namun terdapat teori bahwa hal tersebut mirip dengan fenomena sinestesia di mana otak seseorang memunculkan persepsi berupa gambar dan emosi saat mendengar suatu musik atau lagu. [Okezone]

Ads