917 pengunjung MIBARA pinjam 3.345 bacaan secara gratisan

17 pengunjung MIBARA pinjam 3.345 bacaan secara gratisan
(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejak digulirkan pada 18 Mei 2014 lalu oleh Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN), wisata baca gratis MIBARA (minggu baca rame-rame) telah memasuki edisi ke 107.

Dalam 11 kali pelaksanaan sepanjang Januari-Maret 2017 ini, sebanyak 3.345 bacaan dipinjam secara gratisan oleh 917 pengunjung di bagian dalam lapangan Blang Padang yang berhadapan dengan Sekolah Budi Dharma, Banda Aceh

“Sebanyak 3.345 bahan bacaan dipinjam gratisan oleh 917 pengunjung wisata baca MIBARA sepanjang triwulan pertama 2017. Sedangkan pada edisi 107 ini, ada 111 pengunjung yang meminjam 388 bacaan”, tutur Ahmad Arif, Pendiri RUMAN.

Arif juga mengungkapkan bahwa dalam periode yang sama, RUMAN telah menerima sumbangan 500 bahan bacaan dari beragam kalangan dengan jumlah yang beragam pula. Semuanya disumbangkan secara sukarela, tanpa proposal.

Dari segi domisili penyumbang, selain warga Banda Aceh dan Aceh Besar. Ada juga dari Kalimantan Timur, Jogjakarta dan JABODETABEK. Bahkan, ada warga Aceh yang berdomisili di Abu Dhabi yang memesankan buku ke penulisnya agar dikirimkan ke RUMAN.

“Yang teranyar adalah donasi bacaan dari Direktur Ekskutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (PERLUDEM). Pula ada dari pasangan suami istri, analis hubungan internasional dan cerpenis”, ungkap Arif.

Tiga Program Literasi

Bacaan sumbangan tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat luas secara gratisan melaui 3 program literasi RUMAN. Pertama, wisata baca MIBARA (minggu baca rame-rame) setiap pagi Minggu di Blang Padang. Konsep MIBARA telah diduplikasi oleh 7 komunitas di Aceh.

Kedua, program pustaka komunitas di base camp RUMAN yang dibuka setiap hari. Ketiga,  program rumah pustaka yang telah tersebar pada 26 titik di 7 Kabupaten/Kota se Aceh.

Sebagai informasi, RUMAN akan genap berusia 4 tahun pada 8 April 2017. Saat ini, RUMAN memiliki Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang digratiskan bagi anak-anak keluarga dhuafa.

Juga ada bimbingan belajar setiap Senin – Rabu. RUMAN juga pernah menggelar tebar sarapan untuk penyapa jalan (TESA PELAN), kita sahabat Rohingya dan kursus menjahit. [Randi/rel]

Related posts