UMKM perlu berkolaborasi dengan perdagangan online

UMKM perlu berkolaborasi dengan perdagangan online
(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) bersama Ikatan Wanita Pembangunan Indonesia (Ikawapi) mengadakan seminar bertemakan “UKM Go Digital Go Global” pada Kamis (6/4) di Plennary Hall UUI, Banda Aceh.

Seminar yang menhadirkan pemateri seperti Muhammad Mansur selaku Kepala Pembiayaan UKM Bank Syariah Mandiri, Edi Nur dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Iwan Budhiarta dari Konsultan Sustainbiz Advisory dan Dosen Fakultas Ekonomi UUI, Zuhar Musliyana, serta dosen Ahli Komputer Digitalisasi Fakultas Ilmu komputer UUI ini diadakan agar kewirausahaan memiliki kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi.

Iwan Budhiarta dari Konsultan Sustainbiz Advisory mengatakan pengembangan usaha baru telah menjadi faktor pembentuk kekuatan perekonomian guna bertahan dalam dinamika ekonomi global. Hal itu bisa terlihat dari pengalaman Indonesia pada krisis ekonomi 1998 dan 2008.

“Di tengah banyak tumbangnya perusahaan-perusahaan besar saat itu, usaha baru yang masuk dalam skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) justru tetap dapat tumbuh dan berkembang. Kuncinya mereka lebih fleksibel dalam merespon perubahan yang diwujudkan dalam bentuk diversifikasi usaha,” katanya.

Keunggulan UMKM itu, sambung Iwan, dinilai perlu untuk berkolaborasi dengan perkembangan perdagangan secara online atau e-commerce.

“Kita semua yakin akan banyak manfaat yang didapatkan pelaku usaha UMKM bila mampu go digital. Manfaat itu diantaranya yakni kemudahan untuk ekspansi pasar, rantai perdagangan lebih efisien, pemasaran dan promosi produk lebih mudah, serta biaya transaksi yang menjadi lebih rendah,” ujarnya.

Iwan juga menjelaskan, lintas batas e-commerce adalah masa depan perdagangan global, untuk itu para UKM dan stakeholder di Indonesia perlu menangkap gelombang tantangan ini menjadi sebuah peluang dengan memperluas network dan kinerja bisnisnya agar bisa competitif secara global.

Sementara Dosen Fakultas Ekonomi UUI, Zuhar Musliyana mengatakan, era digital yang memberikan ruang begitu luas bagi UKM untuk berkembang menuju pasar global, belum secara maksimal dimanfaatkan guna kepentingan promosi dan pemasaran.

Padahal, peran media audio visual diakui semakin diperhitungkan dan memberikan pengaruh kuat dalam dunia promosi. Video marketing bagi kalangan pebisnis dinilai paling pas untuk menarik perhatian masyarakat dunia,” jelas Zuhar.

Pada akhir acara, Muhammad Mansur selaku Kepala Pembiayaan UKM Bank Syariah Mandiri menjelaskan bahwa Bank Syariah Mandiri siap melakukan pendampingan kepada pelaku UK. dan mitra Ikawapi di Aceh untuk mendapatkan pembiayaan modal usaha.

Edi Nur dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh juga menyatakan kesiapannya untuk berbagi informasi terkait peluang bantuan pengadaan alat produksi bagi pelaku UKM di Aceh. [Aidil/rel]

Related posts