Ujian Nasional di Aceh dikawal polisi

Cegah kecurangan, UN di Aceh dikawal polisi
Ilustrasi - Soal UN dikawal polisi. (jabarhariini.blogspot.co.id)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Panitia Pelaksana Ujian Nasional Aceh 2017, Zulkifli menjamin pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Aceh dijamin tidak ada kecurangan, sebab UN akan dikawal dengan ketat oleh pihak kepolisian.

“Pengamanan dari pihak kepolisian kita kerahkan semaksimal mungkin, jadi sangat kecil adanya kecurangan melihat dari tahapan-tahapan yang kita lakukan,” kata Zulkifli kepada wartawan, Jumat (7/4) sore.

Menurutnya tahapan ujian baik itu saat distribusi soal dari Jakarta ke Aceh, hingga soal tersebut diantar ke kabupaten/kota sampai ke sekolah dikawal dan dijaga oleh pihak keamanan. “Sangat kecil adanya kecurangan itu terjadi,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada semua pihak, jika terdapat curang dalam UN, maka segera untuk melaporkan kepada pihak bersangkutan.

“Jika pun ada kecurangan maka kita aka lakukan dengan proses hukum yang berlaku,” katanya.

Untuk diketehaui Ujian Nasional (UN) terbagi dua sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Sementara yang telah selesai mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pada 3-6 April lalu. Dan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 10-13 April 2017 dan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 3-8 Mei 2017 mendatang. [Fahzian Aldevan]

Related posts