Besok, Pangdam IM baru Mayjen TNI Moch Fachrudin tiba di Aceh

Pangdam IM baru, Mayjen TNI Moch Fachrudin. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Moch Fachrudin direncanakan akan tiba di Lapangan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM) Blangbintang, Aceh Besar, besok Kamis (13/4) sekitar pukul 08.05 WIB.

Kapendam Iskandar Muda Kolonel Kav Rusdi mengatakan, kedatangan Pangdam IM Moch Fachrudin menggantikan, Mayjen TNI Tatang Sulaiman disambut dengan tarian khas Aceh yaitu Tari Ranub Lampuan.

“Kemudian akan diterima oleh  Forkompimda Aceh dan pejabat utama Kodam IM. Selanjutnya, Pangdam akan dipeusijuek oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) di ruang transite Lanud SIM dan Pangdam akan beristirahat sejenak di ruang VIP Lanud SIM,” kata Rusdi.

Seusai acara di Lanud SIM, lanjutnya, Mayjen TNI Moch Fachrudin akan menuju ke Markas Kodam untuk mengikuti acara tradisi penyambutan dan disambut oleh warga Kodam Iskandar Muda dengan menggunakan tradisi pedang pora.

Tak hanya itu, Fachrudin juga akan mengikuti serangkaian kegiatan yakni pengukuhan penerimaan warga baru Kodam IM di Balai Teuku Umar (BTU).

Pengganti Mayjen TNI Tatang Sulaiman, merupakan mantan Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM) tahun 2015 lalu. Setahun kemudian, Moch Fachrudin ditarik ke pusat menjadi Pa Sahli Tk III Bidang Polkamnas Panglima TNI.

“Mayjen TNI Moch Fahrudin juga pernah bertugas di Aceh sebagai Pasi Intel Korem 012/Teuku Umar pada tahun 1995, kemudian menjabat Kasdim 0105/Aceh Barat pada tahun 1997, dan pada tahun 1998 menjadi Kasi Ops Korem,” kata Rusdi.

Menurutnya, Mayjen TNI Moch Fachrudin juga sudah lama dikenal oleh seluruh komponen masyarakat Provinsi Aceh, sebab pernah menjabat sebagai Kasdam Iskandar Muda pada 2016 lalu.

Dikatakannya, sebelumnya, serahterima jabatan Pangdam IM telah dilaksanakan di Gedung Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat pada 10 April 2017 lalu, yang langsung dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono. [Aidil/rel]

Related posts