IAIN Malikussaleh Lhokseumawe wisudakan 824 mahasiswa

IAIN Malikussaleh Lhokseumawe wisudakan 824 mahasiswa
Acara wisuda IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Rabu (12/4). (Kanal Aceh/Rajali)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Malikussaleh Lhokseumawe melakukan wisuda angkatan pertama sebanyak 824 mahasiswa. Tiga diantaranya memperoleh hasil cumlaude (pujian).

Acara yang berlangsung di kampus  setempat, Rabu (12/4), IAIN melepas  mahasiswa pascasarjana Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sebanyak 18 mahasiswa dan 806 mahasiswa S1 dari F1kultas Syariah, Tarbiyah, dan Fakultas Dakwah.

Rektor IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Dr Hafifuddin dalam sambutannnya mengatakan, wisuda kali ini merupakan momentum penting untuk melakukan evaluasi yang menyeluruh terhadap keberadaan IAIN Malikussaleh baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

“Karena bagaimanapun IAIN Lhokseumawe ke depan harus menjadi sebuah perguruan tinggi Islam yang terdepan,” ujarnya.

Dikatakannya, pada 1 Februari 2017 lalu, STAIN Malikussaleh Lhokseumawe telah disahkan menjadi IAIN Lhokseumawe melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 72 Tahun 2016. Hal ini menurutnya semata-mata hanya untuk lembaga peningkatan mutu lembaga lebih kompeten.

“Untuk itu, kita harus bersatu menyusun kekuatan dan kemampuan semaksimal mungkin dengan upaya yang sungguh-sungguh dan berkeyakinan yang bulat, kita berusaha agar perguruan tinggi yang kita cinta ini,” jelas Hafifuddin.

Saat ini, IAIN Malikussaleh memiliki 305 dosen tetap, yang terdiri dari 62 orang doktor, 243 magister, dan 43 yang tengah menyelesaikan doctor dalam waktu dekat.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I, Dr Syahrizal mengatakan, IAIN Malikussaleh Lhokseumawe adalah perguruan tinggi Islam tempat mentransformasikan nilai-nilai ilmiah, amaliah, insaniah dan ruhiyah. Untuk mencapai nilai-nilai tersebut, Syahrizal mengatakan perlu kepada proses, usaha, kegigihan dan kesabaran.

“Mahasiswa yang mampu menguasai nilai-nilai tersebut adalah mahasiswa yang siap menghadapi berbagai perseolan dan tantangan zaman yang terus berubah. Mahasiswa yang berkeinginan memperkaya pemikiran dengan mengusai ilmu-ilmu pengetahuan agama, IAIN Lhokseumawe lah salah satunya,” kata Syahrizal.

Tambahnya, saat ini IAIN Lhokseumawe memiliki mahasiswa aktif berjumlah  3.919 mahasiswa yang terdiri dari 4 fakultas, yaitu Fakultas Syariah, Ekonomi dan Bisnis, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, serta Fakultas Pascasarjana. [Rajali Samidan]

Related posts