Mahasiswa AKKES mengadu ke DPRA

Mahasiswa AKKES mengadu ke DPRA
Seorang mahasiswa AKKES membentangkan tulisan di gedung DPRA, Banda Aceh, Rabu (12/4). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rencana Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang akan mengalihakan kampus Akademi Kesehatan (AKKES) Aceh Utara ke UPTD Dinas Kesehatan disesali oleh mahasiswa AKKES.

Pasalnya, selain menjadi kampus kesehatan tertua, AKKES juga salah satu kampus dengan biaya termurah dan terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah. Kemudian didukung bangunan fisik dan fasilitas yang cukup.

Untuk itu, mahasiswa AKKES dari Aceh Utara mendatangi kantor DPRA untuk mengadu agar kampus kebanggaan mereka tidak dialihkan dan ditutup.

“Kami sangat menyesali keputusan pemerintah yang memilih opsi ketiga (membuat UPTD dan Menutup AKKES),” kata Said Muhammad usai beraudiensi dengan Ketua Komisi VI DPRA, Iskandar Daod yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan.

Dikatakannya, buntut dari pengalihan itu, AKKES tidak lagi menerima mahasiswa baru mulai tahun ini. Menurutnya, hal ini akan berdampak pada pengembangan pembangunan pendidikan di Aceh Utara secara menyeluruh.

“Keputusan untuk mengalihkan kampus kami menjadi UPTD Dinkes membuat hati kami terluka,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada DPRA untuk proaktif menolak keputusan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tersebut dan mendesak DPRK Aceh Utara untuk membentuk pansus guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di AKKES.

“Kami ingin keberlangsungan AKKES sebagai institusi pendidikan secara berkelanjutan,” katanya. [Randi]

Related posts