Dua guru Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar jadi pengajar bahasa Arab di Malaysia

Dua guru Dayah Insan Qur'ani Aceh Besar jadi pengajar bahasa Arab di Malaysia
(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dua guru Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar mendapat undangan dari Sekolah Berasrama Penuh Integritas (SBPI)  Rawang, Selangor Malaysia untuk menjadi pengajar Daurah Bahasa Arab di sekolah tersebut selama empat hari, mulai 13 April hingga16 April 2017.

Kedua guru tersebut adalah, Murtadha, Lc (Wakil Pimpinan Dayah) Alumni LIPIA Jakarta dan Raidi Rizki Ansari, Lc (Kepala Pengembangan Bahasa Dayah Insan Qur’ani) Alumni Oman.

Di sana, keduanya menjadi pengajar pada kegiatan pelatihan bahasa Arab untuk guru dan murid sekolah unggul tersebut.

“Kami sebagai tutor bahasa Arab untuk peserta 300 peserta yang terdiri dari guru 24 orang dan sisanya murid,” ujar Murtadha dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Minggu (16/4).

Ia juga menjelaskan bahwa pelatihan untuk guru mencakup metode pengajaran bahasa Arab yang efektif, sedangkan untuk murid mencakup bagaimana mempelajari bahasa Arab dengan mudah.

Selain untuk mengajar, keduanya juga diajak untuk melihat sejumlah lembaga pendidikan yang ada di negara tersebut yang juga mengagumi program Daurah Bahasa Arab. Mereka akan kembali ke Aceh pada 19 April 2017.

Sebelumnya, Sekolah berasrama penuh Integrasi Rawang Malasyia tersebut telah resmi menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh pada tahun 2015. Bahkan siswa aekolah tersebut sudah dua kali (2015-2016) belajar bahasa Arab ke Dayah Insan Qur’ani, Aceh.

Mudir sekolah Rawang Malasyia, Tuan Haji Addenan Bin Osman mengaku puas dan bangga melihat perkembangan anak didiknya setelah belajar bersama Insan Qur’ani.

“Kami sangat senang, kini anak-anak memiliki semangat yang tinggi dalam belajar bahasa Arab. Alhamdulillah mereka juga sudah bisa bercakap dengan bahasa Arab, mereka sangat berkembang, hari ini kita datangkan pengajar dari Dayah Insan Qur’ani ke sekolah kita,” ungkap Haji Addenan.

Sementara Pimpinan Dayah Insan Qurani ustaz Muzakkir SAg, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelajar Malaysia kepada Dayah Insan Qurani untuk menyukseskan program bahasa Arab.

“Ini merupakan satu kehormatan dan kebanggaan bagi kami keluarga besar Dayah Insan Qur’ani, semoga kedepannya bisa terus dapat mewarnai dunia pendidikan di Aceh,” ujar Muzakkir.

Sekedar informasi, SBPI Rawang adalah salah satu sekolah sains berasrama terbaik yang ada di Malaysia. Para siswa di samping belajar sains, juga diwajibkan menghafal Alqur’an, rata-rata mereka menghafal Alqur’an 5-6 juz setiap angkatan. Artinya, selesai pendidikan selama 5 tahun mereka bisa mengkhatamkan Alqur’an. [Aidil/rel]

Related posts