Tercecer ke posisi 10 di Jerez, Rossi tak menduga
Valentino Rossi. (tribunnews)
--Ads--
loading...

Austin (KANALACEH.COM) – Direktur Perlombaan, Mike Webb, menjelaskan alasan Valentino Rossi mendapat penalti. Rossi dianggap diuntungkan dari insidennya dengan Johann Zarco.

Pada balapa ketiga MotoGP 2017 di Circuit de Americas, Senin (24/4) dinihari WIB, Rossi sempat terlibat duel sengit dengan Zarco yang mengendarai Yamaha Monster Tech 3.

Duel itu menyebabkan Rossi dan Zarco saling bersenggolan di tikungan 3 pada lap ketujuh. Imbasnya, pebalap Movistar Yamaha itu sempat keluar jalur namun tak terjatuh.

Ads

Akan tetapi, akibat senggolan itu Rossi mendapat hukuman penalti 0,3 detik karena dianggap mendapatkan keuntungan dari insiden tersebut.

“Pebalap tidak boleh mendapatkan keuntungan dari keluar jalur. Yang terjadi pada Rossi jelas sebuah keuntungan, karena menjadi dekat dengan (Marc) Marquez. Jadi kami, memotong keuntungan yang didapat,” kata Webb seperti dilansir Crash.

Meski demikian, Rossi tetap mendapat keringanan hukuman mengingat aksinya merupakan sebuah ketidaksengajaan.

“Rossi meninggalkan lintasan tanpa sengaja. Dia keluar lintasan karena terpaksa. Bila seorang pebalap dengan sengaja meninggalkan lintasan dan mendapatkan keuntungan, maka penaltinya akan lebih besar,” sambungnya.

“Di kasus ini jelas bahwa Rossi tidak salah hingga harus keluar lintasan. Namun, sangat jelas pula bahwa dia mendapatkan keuntungan dari hal tersebut,” tegas Webb. [Detik]

Ads