JK sarankan anak muda geluti bisnis, bukan bermimpi jadi PNS

JK sarankan Pemerintah Afganistan tiru Aceh dalam mendamaikan konflik
Foto: detik.com

Jakarta (KANALACEH.COM) – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyarankan generasi muda mau memulai bisnis atau berwiraswasta, melepas keinginan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Di negara Tiongkok, kata JK, keinginan menjadi pengusaha sudah tertanam di keluarga. Hampir setiap anak dalam setiap keluarga memiliki usaha masing-masing. Hal itu berbeda dengan Indonesia yang rata-rata pemudanya ingin menjadi PNS.

“Di sana punya anak lima, karena enggak bisa jadi tentara dan lain-lain, lima-limanya jadi pengusaha. Kita anak lima jadinya macam-macam. Jumlah pengusaha tidak bertambah. Kalau ada toko, ya itu saja. Kalau di Tionghoa, tokonya bertambah,” ujar JK saat menutup Kongres Ekonomi Umat yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (24/4).

Padahal, lanjut JK, keinginan untuk menjadi PNS di era sekarang tidak mudah terwujud seperti di tahun-tahun sebelumnya. Itu menjadi alasan tambahan agar generasi muda bisa berpikir kreatif untuk membuka usaha.

“Jadi enggak ada cara lain selain menjadi profesional. Sekarang kita harus mulai mendorong menjadi profesional. Beri semangat ke umat,” ucap JK. [Rmol]

Related posts