24.3 C
Banda Aceh

Dubes AS tawarkan santri Dayah Inshafuddin lanjut pendidikan ke Amerika

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan menawarkan santri di Dayah Inshafuddin untuk melanjutkan pendidikan ke negeri berjuluk Paman Sam tersebut.

Hal itu dikatakan Joseph saat mengunjungi Dayah Inshafuddin di Lamprit, Banda Aceh, Selasa (25/4). Ia menilai, pendidikan di dayah itu tidak seperti yang mereka perkirakan. Menurutnya, pendidikan di pesantren cukup bagus.

“Prioritas saya mendorong dari pelajar Indonesia terutama Aceh agar bisa melakukan studi di Amerika Serikat,” katanya.

- Advertisement -

Pada kunjungan itu, dia menjelaskan tentang Education USA, para siswa Aceh yang ingin melanjutkan studi ke Amerika dapat mencari informasi di Education USA yang kantornya berada di UIN Ar-Raniry. Ia juga sesekali memuji perkembangan pembangunan di Aceh pasca dilanda tsunami.

Kedatangan Dubes Amerika itu juga ingin menginisiasi dan mengenalkan beberapa lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dubes AS di Indonesia.

Kemudian, berharap terjadi pertukaran pelajar untuk mendukung pendidikan dasar di Aceh dan bantuan untuk meningkatkan kapasitas belajar – mengajar.

Disamping itu, Joseph juga berkesempatan untuk menunjukkan tatacara mengajar di sekolah Amerika kepada guru di Dayah Inshafuddin.

Kepada Dubes Amerika, Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin juga berharap agar dapat memperhatikan pendidikan di Aceh dengan memberi bantuan seperti beasiswa agar para siswa di sini dapat melanjutkan kuliah di luar negeri seperti Amerika.

Disamping itu, Pimpinan Dayah Inshafuddin meminta agar Dubes Amerika tersebut membantu pembangunan ruang belajar di Dayah tersebut. Kata dia, pembangunan Dayah saat ini masih berlangsung dan pihaknya masih membutuhkan bantuan.

Tawarkan investasi

Disamping pendidikan, ternyata Joseph R Donovan juga menawarkan investasi apa yang bisa dibantu pihaknya pada Pemko Banda Aceh. Dalam kesempatan itu, Zainal Arifin menyambut baik tawaran yang disampaikan oleh Dubes Amerika tersebut.

“Mereka (Dubes Amerika) menanyakan, apakah Aceh menerima investasi dari Amerika? Kita menjawab silahkan asal sesuai dengan peraturan di Banda Aceh,” kata Zainal.

Dikatakan Zainal, ia menawarkan seperti pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya, sektor bisnis dimana produk halal bisa dipasarkan ke mancanegara dan pembangunan hotel yang dinilai masih sedikit di Kota Banda Aceh.

“Mudah-mudahan ini menjadi perhatian. Namun, kerjasama itu juga harus sesuai peraturan yang ada di Kota Banda Aceh,” ujar Zainal Arifin. [Randi]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Pemko Banda Aceh Diprotes Karena Lanjutkan Proyek IPAL di Gampong Pande

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Proyek pembangunan Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Gampong Pande, Banda Aceh diprotes oleh pemuda yang mengatasnamakan diri keturunan Sultan...

Walkot Subulussalam Lantik Pengurus Mubaligh Muda Sada Kata

Subulussalam (KANALACEH.COM) - Wali kota Subulussalam Affan Alfian Bintang melantik pengurus Persatuan Mubaligh Muda Sada Kata (Pemudata) Subulussalam periode tahun 2020 – 2025, Jumat...

Jampidsus Dapat Mandat Mahfud Untuk Usut Dana Otsus Aceh

Jakarta (KANALACEH.COM) - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono mengatakan aparat penegak hukum di Indonesia akan mulai mendalami penggunaan dana otonomi khusus...

Inilah 5 Syarat Menikahi Polwan Yang Harus Anda Ketahui

Kanal Aceh - Menikah memang harus melewati proses saling mengenal yang tidak bisa dianggap remeh. Baik dari sisi pria maupun wanita. Dari sisi Pria...

Berita Terbaru