Dubes AS tawarkan santri Dayah Inshafuddin lanjut pendidikan ke Amerika

Dubes AS tawarkan santri Dayah Inshafuddin lanjut pendidikan ke Amerika
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan (tengah) berkunjung ke SMP Inshafuddin Banda Aceh, Selasa (25/4). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan menawarkan santri di Dayah Inshafuddin untuk melanjutkan pendidikan ke negeri berjuluk Paman Sam tersebut.

Hal itu dikatakan Joseph saat mengunjungi Dayah Inshafuddin di Lamprit, Banda Aceh, Selasa (25/4). Ia menilai, pendidikan di dayah itu tidak seperti yang mereka perkirakan. Menurutnya, pendidikan di pesantren cukup bagus.

“Prioritas saya mendorong dari pelajar Indonesia terutama Aceh agar bisa melakukan studi di Amerika Serikat,” katanya.

Pada kunjungan itu, dia menjelaskan tentang Education USA, para siswa Aceh yang ingin melanjutkan studi ke Amerika dapat mencari informasi di Education USA yang kantornya berada di UIN Ar-Raniry. Ia juga sesekali memuji perkembangan pembangunan di Aceh pasca dilanda tsunami.

Kedatangan Dubes Amerika itu juga ingin menginisiasi dan mengenalkan beberapa lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dubes AS di Indonesia.

Kemudian, berharap terjadi pertukaran pelajar untuk mendukung pendidikan dasar di Aceh dan bantuan untuk meningkatkan kapasitas belajar – mengajar.

Disamping itu, Joseph juga berkesempatan untuk menunjukkan tatacara mengajar di sekolah Amerika kepada guru di Dayah Inshafuddin.

Kepada Dubes Amerika, Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin juga berharap agar dapat memperhatikan pendidikan di Aceh dengan memberi bantuan seperti beasiswa agar para siswa di sini dapat melanjutkan kuliah di luar negeri seperti Amerika.

Disamping itu, Pimpinan Dayah Inshafuddin meminta agar Dubes Amerika tersebut membantu pembangunan ruang belajar di Dayah tersebut. Kata dia, pembangunan Dayah saat ini masih berlangsung dan pihaknya masih membutuhkan bantuan.

Tawarkan investasi

Disamping pendidikan, ternyata Joseph R Donovan juga menawarkan investasi apa yang bisa dibantu pihaknya pada Pemko Banda Aceh. Dalam kesempatan itu, Zainal Arifin menyambut baik tawaran yang disampaikan oleh Dubes Amerika tersebut.

“Mereka (Dubes Amerika) menanyakan, apakah Aceh menerima investasi dari Amerika? Kita menjawab silahkan asal sesuai dengan peraturan di Banda Aceh,” kata Zainal.

Dikatakan Zainal, ia menawarkan seperti pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya, sektor bisnis dimana produk halal bisa dipasarkan ke mancanegara dan pembangunan hotel yang dinilai masih sedikit di Kota Banda Aceh.

“Mudah-mudahan ini menjadi perhatian. Namun, kerjasama itu juga harus sesuai peraturan yang ada di Kota Banda Aceh,” ujar Zainal Arifin. [Randi]

Related posts