Gubernur Aceh kembali serahkan bantuan untuk korban kebakaran Kotafajar

Pemerintah Aceh bantu korban kebakaran di Bireuen
Dokumentasi - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Kota Fajar, Aceh Selatan, Kamis (24/4). (Ist)
--Ads--
loading...

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah bersama istri Umi Niazah A Hamid mengunjungi serta menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di gampong Kotafajar Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (27/4) sore.

Sebelumnya Zaini Abdullah juga sudah memerintahkan Dinas Sosial Provinsi Aceh untuk menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban kebakaran.

Dalam kunjungan tersebut Zaini turut didampingi Bupati Aceh Selatan, T Sama Indra, Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin beserta sejumlah kepala SKPA dan unsur Forkopimda Aceh Selatan.

Ads

Dalam sambutannya, Zaini mengajak seluruh korban kebakaran untuk bersabar menghadapi musibah, karena banyak hikmah dibalik musibah tersebut. Zaini juga  mengatakan setelah masa panik berakhir akan segera diupayakan proses rehabilitasi dan rekontruksi.

“Dari hari pertama kejadian saya sudah perintahkan dinas sosial untuk langsung turun menyerahkan bantuan kepada korban. Sekali lagi saya mengajak kita semua bersabar, karena harta ini adalah titipan dari Allah dan telah diambil kembali oleh Allah, semoga nanti Allah akan menggantinya dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Zaini juga mengakui sudah melaporkan musibah tersebut kepada Menteri Sosial yang selama ini sangat merespon baik terhadap penanganan pasca musibah yang terjadi di Provinsi Aceh.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri merincikan, bantuan yang diserahkan Gubernur Aceh pada Kamis (27/4) antara lain berupa perlengkapan dapur 85 paket, matras 70 lembar, baskom jumbo 10 unit, baju koko 100 lembar, gula pasir 250 kg, selimut 200 lembar, kain sarung 100 lembar, mukena 200 lembar, sajadah 200 lembar, tenda gulung 30 lembar, mie instan 100 dus.

“Selain itu sesuai dengan arahan dari bapak Gubernur Aceh, kita juga membuka dapur umum selama 14 hari dilokasi musibah dan juga sejumlah personil Tagana yang siaga ditempat,” kata Alhudri.

Alhudri menambahkan sebelumnya pada 21 April 2017 Gubernur Aceh juga sudah menyalurkan bantuan antara lain berupa mie instan 200 dus, selimut 150 lembar, matras 200 lembar, tenda gulung 70 lembar, peralatan dapur 37 paket, baskom jumbo 20 unit, paket sekolah 100 paket, buku tulis 2800 buah, baju koko 200 buah, mukena 200 lembar, sajadah pendek 200 lembar, kain sarung 100 lembar, sarden 396 kaleng, minyak goring 32 liter, sambal 48 botol, gula pasir 250 kg dan beras 250 kg.

Alhudri juga menyebutkan jumlah korban bencana kebakaran desa kotafajar kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan pada hari Rabu 19 April 2017 lalu masing-masing bangunan rusak berat 61 unit, bangunan rusak ringan 14 unit, 206 jiwa (78 KK) mengungsi. [Aidil/rel]