Pertanian Aceh meningkat dalam 2 tahun terakhir

Pertanian Aceh meningkat dalam 2 tahun terakhir
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman menyebutkan bahwa kurun waktu 2 tahun terakhir hasil pada sektor pertanian di Aceh meningkat. Hal itu dibuktikan, beberapa komoditas pertanian di Aceh mengalami kenaikan ekspor ke sejumlah negara.

Hal itu dikatakan Menteri Andi Amran usai menggelar rembug utama dengan peserta Pekan Nasional Kontak Tani-Nelayan andalan (Penas KTNA) seluruh Indonesia di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Jumat (5/5).

“Ini satu peningkatan, betul-betul Aceh ini 2 tahun terakhir pertaniannya meningkat,” katanya pada wartawan.

Dikatakannya, pihaknya telah mempersiapkan sekitar 10.000 hektar sawah dan bendungan untuk mendorong petani yang berada di Aceh Barat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

Luas bendungan itu, kata dia, akan dikerjakan secara bertahap. Ia juga sudah berkordinasi dengan Presiden Jokowi dan Gubernur Aceh untuk mempercepat proses lanjutan pengerjaan itu.

Sementara itu, kata Andi Amran, banyak eks Kombatan GAM yang mengambil peran pada pembukaan lahan 10 ribu hektare tersebut. kata dia, Gubernur Aceh cukup senang atas pembagian itu.

“Banyak saudara kita eks GAM untuk mengambil peran disitu,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, turut dihadiri oleh Jendral TNI Gatot Nurmantyo, Gubernur Aceh dan peserta Penas KTNA. [Randi]

Related posts