MUI terbitkan fatwa tentang medsos, ini hal-hal yang diharamkan
Ilustrasi media sosial.
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Salah satu faktor yang kerap disalahkan atas konsumsi data smartphone adalah media sosial. Hal itu masuk akal karena aplikasi semacam Facebook, Instagram, atau Twitter tetap memuat konten saat kondisi tak aktif.

Kondisi itu tak jarang membuat pengguna smartphone enggan mengakses media sosial melalui jaringan seluler sendiri dan lebih memilih Wi-Fi. Padahal, jaringan Wi-Fi tak selalu didapatkan dengan mudah.

Untungnya, sejumlah perusahaan mengerti masalah tersebut dan menghadirkan solusi yang lebih hemat data. Beberapa perusahaan mengatasinya dengan meluncurkan aplikasi terpisah, sedangkan lainnya menawarkan opsi pengaturan tertentu.

Ads

Penasaran seperti apa solusi yang ditawarkan media sosial untuk membuat pengguna lebih hemat data? Simak informasi berikut ini yang dikutip dari laman Make Use Of, Sabtu (5/5).

  1. Facebook Lite

Tak hanya menawarkan aplikasi dengan akses data yang lebih sedikit, aplikasi ini juga dapat menghemat memori perangkat ketimbang saudara tuanya, aplikasi Facebook standar.

Hal itu dimungkinkan karena penggunaan data oleh aplikasi ini lebih sedikit. Salah satunya disebabkan pemutaran video yang tak berjalan apabila kamu tak menyalakannya.

Selain itu, apllikasi ini masih dapat berfungsi di wilayah dengan sinyal yang buruk. Namun kehadiran fitur itu ditukar dengan beberapa keterbatasan, seperti gambar yang dikompres lebih besar dan absennya fitur GIF untuk komentar.

  1. Twitter Lite

Layanan ini sebenarnya baru diperkenalkan Twitter sejak bulan lalu. Kehadiran layanan ini diklaim lebih hemat data dan mampu memuat informasi lebih cepat ketika koneksi lambat.

Twitter Lite sebenarnya menggunakan teknologi Progressive Web App, yang dapat menghemat data hingga 70 persen dan 30 persen lebih cepat memuat konten. [Liputan6]