Petani Aceh Utara tanam padi sebelum Ramadhan

Petani Aceh Utara tanam padi sebelum Ramadhan
(Ist)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Petani di kawasan timur Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, memastikan mulai menanam padi sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 2017.

Seorang petani di Kecamatan Seunuddon, Erlina kepada wartawan di Lhoksukon, Sabtu menyebutkan sekarang, hampir semua areal persawahan di daerahnya sedang dipersiapkan untuk musim tanam.

“Kemungkinan besar musim tanam tahun ini tidak akan sampai memasuki pada bulan suci Ramadhan. Karena rata-rata usia bibit padi petani sudah hampir mulai masuk tahap penanaman,” kata Erlina.

Ia mengatakan memasuki musim tanam, petani menyiapkan berbagai kebutuhan keperluan untuk masa tanam seperti membersihkan pematang sawah, meratakan sawah untuk siap-siap ditanami. Bahkan, ada petani yang sudah mulai melakukan penanaman.

Sementara itu, petani lainnya Sarjani menambahkan dalam beberapa hari ke depan akan segera dilakukan tahap penanaman sehingga tidak sampai memasuki bulan Ramadhan saat masa tanam.

Alasan para petani supaya masa tanam dilakukan sebelum Ramadhan dikarenakan agar tidak menganggu ibadah puasa sehingga lebih fokus dan menikmati ibadah puasa.

“Pada bulan Ramadan nanti, kita akan lebih fokus pada lebih banyak untuk beribadah. Kalaupun harus kita kontrol tanaman padi pada saat bulan puasa, seperti memberi pupuk dan menyomprot pestisida, maka tidak seberat pada proses penanaman,” kata Jamaluddin, seorang petani lainnya di Kecamatan Tanah Jambo Aye. [Antara]

Related posts