Zaini Abdullah: Kaum tani-nelayan harus jadi tuan rumah di negeri sendiri

Zaini Abdullah: Kaum tani-nelayan harus jadi tuan rumah di negeri sendiri
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memberi sambutan pada pembukaan Penas KTNA 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (6/4). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan bahwa kaum petani dan nelayan di Indonesia khususnya di Aceh harus menjadi tuan rumah di Negeri sendiri.

Hal itu dikatakan oleh Zaini Abdullah saat membuka Penas KTNA 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (6/4).

Acara Penas KTNA ini, kata dia, sebagai momentum untuk memajukan sektor pertanian dan nelayan untuk memajukan daerah dan menghindari Negara dari krisis pangan.

“Untuk itu tani dan nelayan harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Abu Doto (panggilan Zaini Abdullah).

Di Aceh, lanjut Abu Doto, sektor pertanian dan nelayan menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan Aceh. Menurut data BPS tahun 2016, 2,3 juta ton gabah kering dihasilkan dan kenaikan ekspor dibidang perikanan.

“Sektor perikanan budidaya ikan karang, kami telah menjalin kerjasama dengan kementrian kelautan untuk mengembangkan keramba apung di pesisir pantai Aceh,” katanya.

Kegiatan Penas KTNA ini dihadiri sekitar 38 ribu peserta penas yang berasal dari seluruh Indonesia. Kemudian kegiatan ini akan berlangsung hingga 11 Mei mendatang. [Randi]

Related posts