Per hari, seribuan peserta Penas KTNA berwisata ke Sabang

Sail Sabang, Menteri Luhut harapkan Aceh jadi tujuan pariwisata populer
Pulau Rubiah di Pulau Weh, Kota Sabang. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Sabang (KANALACEH.COM) – Selama berlangsungnya Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XV se-Indonesia dari, 6-11 Mei 2017 di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh seribuan peserta Penas KTNA tersebut berwisata ke Sabang, provinsi paling ujung barat Sumatera.

“Ada seribuan peserta Penas dari seluruh Indonesia per hari berlibur ke Sabang dan itu sudah berlangsung sejak tanggal 1 Mei,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang Zulfi Purnawati, Selasa.

Kadisparbud Kota Sabang juga menyampaikan, objek utama yang dikunjungi para wisatawan domestik tersebut diantaranya, Tugu Kilometer Nol Indonesia, Pantai Teupin Lanyeu serta Pulau Rubiah dan kesemua tersebut berada di Gampong (desa) Iboih, Sukakarya, Sabang.

“Selama Penas saban hari wisatawan memadati Tugu Kilometer Nol dan Pantai Iboih,” Kadisparbud Kota Sabang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dampak dari meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sabang jadwal pelayaran dari Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh tujuan Pelabuhan Balohan, Sabang dari 6 trip pulang pergi (PP) – (kapal cepat 4 dan kapal lambat 2) ditambah menjadi 10 trip PP perhari.

“Sebelumnya jadwal pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya (kapal cepat dan kapal lambat) 6 trip dan karena meningkatnya kunjungan wisatawan jadwal pelayaran pun bertambah menjadi 10 trip per hari,” sebut Zulfi.

Ada pun jadwal pelayaran kapal lambat (Ferry) dari Banda Aceh-Sabang, trip pertama pukul 07.30 WIB, trip kedua 16:00 WIB dan sebaliknya pukul 10.30 WIB dan pukul 19.30 WIB. Selanjutnya jadwal pelayaran akan disesuaikan sebagaimana kondisi atau cuaca di perairan Sabang dan Banda Aceh.

Kemudian, jadwal pelayaran kapal cepat (express Bahari) dari Sabang-Banda Aceh pukul 14:00, 14:30 dan 16:00 WIB dan sebaliknya pukul 08:00, 10:00 WIB dan terakhir pukul 16:00 WIB.

PENAS KTNA ke-XV berlangsung dari, 6-11 Mei 2017 di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) tanggal 6 Mei 2017 dan dihadiri sebanyak 35.000 peserta dari 34 provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia. [Antara]

Related posts