Aceh juara 1 hasil temu karya di Penas KTNA

Petani dan nelayan Aceh disarankan hadir ke Penas KTNA
Penas KTNA XV di Banda Aceh, Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Provinsi Aceh meraih juara I dalam kategori hasil temu karya pekan nasional kontak tani – nelayan andalan (Penas KTNA) ke XV di Aceh. Hasil inovasi produk kopi gayo rasa anggur menjadi pilihan pada perhelatan Penas kali ini.

Ketua II pada event temu karya Penas KTNA, Agus Sunanto mengatakan, juara I yang berasal dari Kabupaten Bener Meriah ini mengembangkan inovasi teknologi pengolahan hasil dan pemasaran produk kopi gayo dalam bentuk wine kopi.

“Dia melakukan kajian melalui proses fermentasi mulai pemilihan kopinya hingga proses pengeringan dia yang melakukan inovasi. Akhirnya petani itu menemukan kopi rasa anggur,” katanya kepada wartawan di Media Centre Penas KTNA di Stadion Harapan Bangsa, Rabu (10/5).

Dikatakannya, penemuan itu baru pertama kali dan belum pernah ditemukan sebelumnya. “Ini termasuk inovasi yang baru. Sehingga karya ini layak diberikan. Juara satu,” ujarnya.

Sementara, pada juara II hasil temu karya jatuh kepada daerah Provinsi Riau dengan penemuan alat untuk memompa air tanpa mesin.

Kemudian, juara III yaitu DKI Jakarta yang menemukan teknologi pemanfaatan limbah bawang merah untuk mendukung pertanian perkotaan dan perbaikan lingkungan hidup.

Kegiatan Penas KTNA ini juga akan berakhir besok, Kamis (11/5). [Randi]

Related posts