Harga telur di Lhokseumawe naik 20 persen

  • Whatsapp
Harga Beras dan Telur Naik, Minat Pembeli Berkurang
Ilustrasi penjualan telur (detik.com)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Harga telur ayam ras di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dalam sepekan terakhir ini mulai naik hingga 20 persen seiring trend pasar menjelang bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

Suheri, salah seorang pedagang di Pasar Inpres Lhokseumawe, Rabu menyatakan, harga telur ayam ras saat ini Rp36.000/papan (isi 30 butir), sedangkan sebelumnya hanya Rp30.000/papan.

Dikatakan, naiknya harga telur tersebut lebih disebabkan oleh trend pasar menjelang bulan Ramadhan, karena pasokan dari produsen ke sejumlah pasar tradisional di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya lancar.

“Mengenai pasokan lancar-lancar saja dan tidak ada kendala, namun harganya saja yang naik sehingga kita menyesuaikan juga harga beli dengan harga jual,” ungkap dia.

Ia menyatakan, sudah menjadi kebiasaan, apabila menjelang Ramadhan harga telur mengalami kenaikkan, seperti tahun sebelumnya.

“Mulai saat ini telur akan terus naik secara pelan-pelan hingga sampai bulan Ramadhan. Selanjutnya turun hingga dua pekan dan menjelang akhir Ramadhan kembali melonjak hingga setelah lebaran, baru kembali turun. Tahun-tahun sebelumnya juga seperti itu,” jelas Suheri.

Sebutnya lagi, tingkat kebutuhan telur jenis ayam ras, menjelang dan pada bulan Ramadhan termasuk tinggi dibandingkan hari-hari biasa, karena kebutuhan telur dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti usaha kuliner, penganan berbuka puasa dan berbagai kebutuhan lainnya. [Antara]

Related posts