Jumlah nelayan yang mengikuti Penas KTNA XV minim

Jumlah nelayan yang mengikuti Penas KTNA XV minim
Peserta Penas KTNA XV yang hadir pada pembukaan Sabtu (6/5) lalu di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Pembukaan itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jumlah nelayan yang mengikuti event Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke XV di Aceh minim dan hanya didominasi oleh petani.

Hal itu dikatakan oleh Ketua II event temu karya pada Penas KTNA, Agus Sunanto dalam jumpa pers di media center Penas, Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (10/5).

“Kebanyakan dari petani, dulu pada saat Penas digelar di Malang, kelompok nelayan yang ikut hanya satu,” ujarnya.

Namun, ia tidak mengetahui berapa jumlah pasti nelayan yang mengikuti Penas KTNA yang diadakan di Aceh ini.

Padahal, kata dia, pihaknya sudah beberapa kali mengundang Kementrian Kelautan dalam rapat pembahasan persiapan Penas KTNA ini.

“Sebenarnya rapat di tingkat pusat sudah mengundang Kementrian Kelautan. Berkali-kali juga sudah kita sampaikan untuk keiikutsertaan dalam event ini,” katanya.

Menurut Agus, ada beberapa faktor minimnya keiikutsertaan nelayan dalam kegiatan ini.

“Mungkin inovasi temuan nelayan itu sedikit seperti, penemuan jala, penangkapan, mungkin itu terkait minimnya penemuan tersebut,” ujar Agus.

Diketahui, Penas KTNA XV kali ini akan berakhir hari ini, Kamis (11/5). Kegiatan ini akan ditutup langsung oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. [Randi]

Related posts