Empat puskesmas baru di Banda Aceh diresmikan

Empat puskesmas baru di Banda Aceh diresmikan
Dokumentasi - Peresmian puskesmas di Ulee Kareng oleh Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal dan Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadhillah, 22 Maret 2016. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal meresmikan pemanfaatan empat gedung Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas baru. Keempat Puskesmas itu yakni Puskesmas Meuraxa, Jaya Baru, Lampulo, dan Puskesmas Kopelma Darussalam.

Peresmian secara simbolis digelar Senin (15/5) di halaman Puskesmas Meuraxa yang ditandai dengan penandatanganan prasasti keempat puskesmas tersebut.

Turut hadir Plt Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Warqah Helmi bersama sejumlah Kepala SKPK lainnya, sejumlah anggota DPRK, dan para Kepala Puskesmas se-Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Illiza berharap keberadaan gedung Puskesmas baru yang sudah memiliki fasilitas yang memadai ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita tengah berjuang agar seluruh Puskesmas yang ada di Banda Aceh dapat meraih sertikat ISO dan terakreditasi,” katanya.

Ia menjelaskan, dari 11 puskesmas saat ini lima di antaranya telah meraih sertifikat ISO 9001:2008, dan satu Puskesmas dalam proses sertifikasi.

“Satu puskesmas kita sudah terakreditasi, dan tiga lainnya sedang dalam proses. Sementara satu Puskesmas yakni Puskesmas Jeulingke akan kita tingkatkan statusnya menjadi BLUD sehingga diharapkan ke depan akan lebih mandiri dalam pengelolaannya,” ungkap Illiza.

Usai memotong pita di pintu masuk Puskesmas Meuraxa, Illiza dan tamu undangan menyempatkan diri untuk meninjau bangunan puskesmas yang telah direlokasi tak jauh dari bangunan lama tersebut.

Lokasi baru Puskesmas Meuraxa terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda, Gampong Blang Oi, tepatnya di samping Koramil 15 Meuraxa. [Aidil/rel]

Related posts