Lithuania tawarkan kerjasama sektor energi dan pertanian ke Indonesia

Lithuania tawarkan kerjasam sektor energi dan pertanian ke Indonesia
Presiden Joko Widodo dan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/5). (Kompas.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kunjungan Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaitė ke Indonesia telah membuahkan beberapa kerjasama. Di antaranya kerja sama pada sektor energi dan perhubungan.

“Kita kerjasama energi inovatif, kemudian di bidang LNG dan penggunaan biomassa, solar surya, dan ada penandatanganan di bidang perhubungan,” kata Dalia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5).

Hanya saja, selain sektor energi, kerjasama lainnya juga ditawarkan oleh Lithuania. Salah satunya adalah pada sektor pertanian.

Menurut Dalia, Lithuania memiliki lahan yang luas. Hal ini pun merupakan potensi yang dapat digarap oleh kedua negara.

“Saya harap dengan kunjungan ini akan menjadi momentum dorongan untuk kedua belah pihak salah satunya di bidang pertanian. Karena lahan kami yang cukup baik,” jelasnya.

Selama ini, lanjutnya, kerjasama telah dilakukan kedua negara. Utamanya pada sektor teknologi. Diharapkan, kerjasama dapat dilakukan oleh kedua negara pada sektor lainnya. Termasuk pada bidang nonekonomi.

“Kita juga dalam sektor pariwisata ini baik untuk kedua belah pihak. Dan kami juga ada pertukaran pelajar dan ada kompetisi sains untuk Indonesia bisa berkontribusi dari situ,” tutupnya. [Okezone]

Related posts