Pegawai Puskesmas di Pijay ditangkap Tim Saber Pungli, 3 orang diamankan

Pungli di rutan, Polda telah kantongi alat bukti
Ilustrasi pungutan liar (pungli). (Detik)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tim satgas sapu bersih pungutan liar menangkap tiga orang pegawai Puskesmas Trienggading, Pidie Jaya, Rabu (17/5). Pasalnya, ketiganya terbukti melakukan pemotongan uang jasa JKN.

Menurut informasi yang diperoleh, penangkapan itu langsung dipimpin oleh Wakapolres Pidie, Kompol Tirta Nuralam yang langsung mendatangi Puskesmas tersebut dan memasuki ruang bendahara.

Kemudian pada saat itu, Tim Saber pungli mendapati pengelola JKN sedang membagi – bagikan uang jasa kepada Pegawai Puskesmas dan tim saber pungli menemukan adanya uang yang dikumpulkan oleh 2 orang pegawai dari pegawai Puskesmas  yang sudah menerima jasa.

Adapun inisial pegawai yang terlibat dalam pembagian dan mengumpulkan uang tersebut ialah, NU (38) sebagai bendahara ia berperan dalam membagikan uang, HU (38) Kepala tata usaha yang berperan mengumpulkan uang sejumlah 10 persen dari setiap pegawai yang menerima jasa JKA.

Kemudian yang berperan mengumpulkan uang untuk akreditasi puskesmas ialah SO (36). Adapun barang bukti yang disita ialah uang Rp 19.463.000, daftar penerima JKN puskesmas Trienggading, dokumen daftar pembayaran 10 persen yang digunakan untuk tenaga bakti, dokumen absensi sumbangan sukarela pegawai, PTT dan Honorer untuk akreditasi puskesmas dan absensi rapat, daftar hadir tentang kesepakatan bersama mengenai pengumpulan uang 10 persen dan uang Rp 500 ribu per orang.

Saat ini, ketiga pegawai Puskesmas Trienggading itu sudah diamankan oleh Tim Saber Pungli Kab Pidie Jaya ke Mapolres Pidie untuk dimintai keterangan lebih lanjut. [Randi]

Related posts