Penetapan Puasa, Kemenag pantau Hilal di 84 titik seluruh Indonesia

26 Mei, Kemenag Aceh pantau Hilal Ramadhan 1438 H
Dokumentasi - Memantau Hilal. (Ist)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Jelang sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1438 Hijriah, Kementerian Agama telah menyiapkan tim yang akan diterjunkan ke 84 titik pantau di seluruh Indonesia.

“Tim pemantau akan ada di  84 titik di seluruh Indonesia. Tapi hari h-nya baru ke lapangan,” kata Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Kementerian Agama Nurkhozin, Rabu (24/5).

Selain itu, undangan bagi pihak-pihak terkait juga telah disebar. Selanjutnya Kementerian Agama juga menghadirkan sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) Islam untuk berunding. Hal ini bagian dari upaya pemerintah agar 1 Ramadan dialami serentak oleh seluruh umat Islam di Indonesia.

Ads

“Ya nanti kita tunggu hasilnya. Harapannya kita sama, tapi keputusannya nanti pada saat sidang isbat,” ucap dia.

Sementara itu, pihak-pihak yang dipastikan hadir dalam sidang isbat antara lain, Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang tersebut akan memutuskan pakah 1 Ramadan jatuh pada 27 atau 28 Mei 2018 sesuai dengan pantauan keberadaan hilal. Rencananya ada puluhan petugas yang disiagakan di seluruh Indonesia untuk memantau keberadaan hilal. [Okezone]

Ads