Hilal tak terlihat di Aceh

Hilal tak terlihat di Aceh
Proses menentukan hilal. (Kanal aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tim Kantor Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh tidak melihat adanya hilal setelah melakukan proses rukyatul hilal penentuan satu Ramadhan 1438 Hijriah dari gedung Observatorium Tgk Chik Kuta Karang milik Kemenag Aceh di Lhoknga, Aceh Besar, Jumat (26/5).

Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan dengan menggunakan alat yang lengkap. Namun, pihaknya akan terus melakukan Rakyatul hingga terbenamnya hilal.

“Kita belum melihat hilal, tapi kita akan terus pantau,” kata dia usai melakukan proses Rakyatul Hilal.

Ads

Ia menjelaskan, sesuai dengan hisab, bulan hari ini sudah berada pada posisi delapan derajat, tetapi rukiyah ini tetap dilakukan karena perintah dari Kementerian Agama.

Walaupun hilal tak terlihat di Aceh, kata dia, namun dibeberapa tempat lain di Indonesia dilaporkan bulan sudah tampak, dan Kementerian Agama sudah melakukan sidang isbat bahwa puasa tetap akan dilakukan pada Sabtu (27/5).

Pantauan kanalaceh.com di lokasi, proses rakyatul hilal tersebut tidak hanya dihadiri oleh Kanwil Kemenag Aceh, tapi masyarakat setempat juga berkesempatan untuk melihat hilal dengan peralatan yang telah disediakan oleh pihak Observatorium. [Randi]

Ads