Kemenag Aceh bekali Ilmu Falak kepada masyarakat

Kemenag Aceh bekali Ilmu Falak kepada masyarakat
(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebelum dilaksanakan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1437 H di lantai II Pusat Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang Lhoknga Aceh, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah terlebih dulu melaksanakan Pembekalan tentang Ilmu Falak bagi peserta yang terdiri dari MPU, Ormas, Ponpes, Anggota BHR, Mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam pertemuan tersebut menghadirkan Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh dan dua pemateri yang ahli dibidangnya Muchtar Yusuf, kepala bidang Litbang BHR Aceh yang menjelaskan tentang  Hilal Awal Ramadhan 1438 H di Observatorium  Tgk. Chik Kuta Karang dan DR. Suhrawardi Ilyas, M. Sc. yang membahas tentang  Hilal Awal Ramadhan Global untuk Ramadhan 1438 H menurut Sains dan Astronomi  diseluruh dunia.

Dalam sambutannya Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh Drs. H. M. Daud Pakeh selaku ketua BHR Aceh menyampaikan Apresiasi dan  mendukung penuh pengembagan ilmu falak di Aceh, bahkan ia mengajak masyarakat Aceh untuk  memanfaatkan keberadaan Gedung Observasi Hilal Aceh  sebagai pusat pembelajaran Ilmu Falak di bumi serambi mekkah ini.

“Ilmu Falak ini sangat penting sebagai ilmu yang membahas  tentang peraturan beberapa ibadah utama umat Islam dan penentuan Awal Bulan Qamariah, Ulama kita terdahulu banyak yang alim dibidang ilmu falak ini. Kami juga sampaikan informasi bahwa Kanwil Kemenag Aceh telah memiliki Pusat Observatorium Hilal yang memiliki beberapa teleskop canggih sebagai alat penunjang untuk pembelajaran Ilmu Falak, jika saudara-saudara berkesempatan, kunjungi kami untuk bersama-sama melaksanakan penelitian dan rukyatul hilal karena gedung ini dibuka bagi kita yang ingin belajar ilmu falak” jelas Kakanwil M. Daud Pakeh.

Selain itu, beberapa waktu lalu Kemenag Aceh juga mencetak sebuah buku karangan Ulama Aceh yang menulis tentang ilmu Falak.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menjelaskan selama ini telah dilaksanakan beberapa kegiatan pelatihan di Gedung Observatorium Hilal Tgk. Chik Kuta Karang ini, mulai dari BHR Kabupaten Kota, UIN Ar Raniry, STAIN Malikulsaleh, pelatihan dan praktek peserta Olimpiade Astronomi hingga anak-anak Paud telah melaksanakan kunjungan ke gedung ini, terakhir mahasisswa Syariah UIN Ar raniry dan Santri dayah MUDI Mesra Samalanga  juga melakukan Pelatihan Hisab dan Rukyat di Gedung ini.

“Kedepan InsyaAllah kita akan terus mencoba untuk melengkapi Alat Falakiyah dan juga menghidupkan Pustaka Falakiyah yang ada di Pusat Observasi ini, Mohon dukungan semua dan bantuan dari semua pihak,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh. [Randi/rel]

Related posts