Hari ini matahari tepat di atas Kakbah, perbaiki arah kiblat Anda

Ini orang Indonesia pertama yang jadi Imam Masjid al-Haram
Ilustrasi -Jamaah haji mengeliling Ka’bah di Mekkah, Saudi Arabia. (AP)

 

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa Minggu (28/5) hari ini matahari akan melintas tepat di atas Kakbah. Momen ini bisa digunakan untuk memperbaiki arah kiblat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Muhammad Thambrin dalam situs resmi Kemenag pada Sabtu (27/5). Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 Wita.

“Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah,” ujar Thambrin.

Fenomena ini dikenal dengan istilah A’dham atau Rashdul Qiblah. Peristiwa ini berarti bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk ke arah kiblat.

Kiblat merupakan arah yang digunakan untuk menentukan arah salat. Posisi kiblat berpatokan pada Kakbah, yang terletak di Masjid Al-Haram, Mekah. Menghadap kiblat merupakan salah satu rukun salat.

Momentum ini, kata Thambrin, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Kasubdit Hisab Rukyat Nur Khazin Dit Urais mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau menggunakan lot/bandul.
2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.
3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom. [Detik.com]

Related posts