Piala FA: Arsenal bungkam Chelsea dengan skor 2-1

Piala FA: Arsenal bungkam Chelsea dengan skor 2-1
detik.com

London (KANALACEH.COM) – Arsenal berhak mengadakan pesta. Sebab mereka baru saja menjuarai Piala FA usai mengalahkan Chelsea di Wembley Stadium, Minggu (28/5) dini hari WIB.

Dalam laga ini Arsenal sebenarnya tampil tanpa beberapa pemain kunci. Santi Cazorla, Gabriel Paulista dan Skhodran Mustafi sedang terkapar di ruang perawatan medis. Sementara Laurent Koscielny dilarang bermain akibat kartu merah yang diterimanya pada laga penutup Liga Primer Inggris akhir pekan lalu.

Namun Meriam London tak mudah dikalahkan Chelsea. Buktinya mereka sudah unggul saat laga berjalan empat menit. Alexis Sanchez yang lolos jebakan offside berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini sempat diwarnai protes sebab skuat Chelsea menganggap Sanchez dan Aaron Ramsey berdiri dalam posisi offside. Namun wasit memiliki pandangan berbeda. Gol tetap sah, karena bola ditendang oleh Sanchez yang masih berada dalam posisi onside.

Tempo permainan berjalan panas sebab kedua tim saling balas menebar ancaman. Arsenal mendapat peluang di menit 16 dan 19. Namun kesempatan itu tidak berujung gol pasalnya bola terhalang oleh keberadaan Gary Cahill dan juga tiang gawang.

Chelsea juga mendapat sejumlah peluang di babak pertama. Namun tim asuhan Antonio Conte gagal menyamakan kedudukan hingga masa istirahat.

Memasuki babak kedua, Arsenal tak sedikitpun mengendurkan serangannya. Meski sudah unggul, mereka tidak menerapkan strategi ‘parkir bus’ dan justru bermain terbuka hingga memberikan Chelsea kesempatan untuk menciptakan peluang.

Di menit 51, Victor Moses melakukan percobaan. Namun bola yang disepaknya masih dapat diblokir oleh David Ospina. Tujuh menit kemudian giliran Pedro Rodriguez yang mengancam. Sayangnya bola yang ia tendang meleset tipis ke sisi kanan gawang.

Pada menit 68 Chelsea harus bermain dengan 10 orang. Victor Moses diusir keluar lapangan karena sudah menerima dua kartu kuning. Hukuman ia dapat usai melakukan aksi diving di kotak penalti Arsenal.

Untungnya keadaan itu tidak meruntuhkan semangat juang Chelsea. Mereka justru bisa menyamakan kedudukan di menit 76. Gol dicetak Diego Costa usai menerima umpan dari Willian. Bola yang ditendangnya sempat memantul karena mengenai kaki bek Arsenal.

Akan tetapi lini pertahanan Chelsea melakukan kesalahan sehingga memberi keuntungan buat The Gunners. Di menit 79 Arsenal kembali memimpin dan gol ini dibuat lewat sundulan Aaron Ramsey. Dalam melakukan aksinya, gelandang bernomor punggung 8 itu sangat leluasa sebab ia lepas dari kawalan pemain bertahan The Blues.

Tensi pertandingan berjalan lebih ketat saat waktu memasuki menit 85. Arsenal patut berterima kasih pada Ospina yang dengan cekatan berhasil menggagalkan peluang emas Diego Costa.

Semenit kemudian giliran gawang Chelsea yang mendapat ancaman besar. Dari serangan balik cepat, Arsenal dapat peluang emas yang gagal dituntaskan Mesut Oezil. Courtois sebenarnya sudah gagal menebak arah bola. Tapi si kulit bundar justru membentur tiang gawang.

Tambahan waktu empat menit di masa injury time tidak mampu menolong Chelsea. Arsenal akhirnya juara dan gelar ini seolah menjadi penghibur di tengah kegagalan mereka pada Liga Champions dan Liga Primer Inggris musim 2016/2017. Sementara untuk Chelsea, akibat kekalahannya mereka tak jadi mengawinkan dua trofi di musim ini.

Susunan pemain
Arsenal (3-4-3): 
David Ospina; Nacho Monreal, Per Mertesacker, Rob Holding; Alex Oxlade-Chamberlain (Coquelin 82′), Aaron Ramsey, Granit Xhaka, Hector Bellerin; Alexis Sanchez (Elneny 90+3), Mesut Oezil, Danny Welbeck (Giroud 78′).

Chelsea (3-4-3): Thibaut Courtois; Cesar Azpilicueta, David Luiz, Gary Cahill; Marcos Alonso, Nemanja Matic (Fabregas 62′), N’golo Kante, Victor Moses; Pedro Rodriguez (Willian 72′), Eden Hazard, Diego Costa (Batshuayi 88′). [Sindo]

Related posts