Hindari! 5 bahaya merokok saat berbuka puasa

Hindari! 5 bahaya merokok saat berbuka puasa
Ilustrasi merokok. (sindonews.com)

(KANALACEH.COM) – Selain langsung ingin minum dan makan, para perokok pasti cepat-cepat menyalakan rokok saat berbuka puasa. Padahal dampaknya tidak baik bagi sistem pencernaan Anda!

Ketahuilah lima fakta bahaya merokok, apalagi saat membatalkan puasa. Berikut rangkumannya, dilansir Boldsky, Selasa (30/5).

Sebabkan kanker usus besar

Anda semua tahu bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Di samping itu, bahaya merokok juga memicu kanker usus berat dan kanker perut yang membahayakan nyawa.

Radang tukak lambung

Perokok lambungnya terinfeksi bakteri H Pylori, yang berisiko lebih tinggi menderita tukak lambung. Anda harus menghindarinya, apalagi saat masih perut kosong.

Naiknya asam lambung

Kebiasaan merokok juga tidak baik bagi untuk asam lambung. Karena asam lambung bisa mengganggu pencernaan. Sementara merokok dua kali lipat memicu kekambuhan asam lambung yang berbahaya.

Menghambat aliran darah

Merokok juga mengurangi aliran darah di perut dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Beberapa jaringan di usus Anda bisa rusak karena pengaruh racun nikotin yang berbahaya.

Perdarahan di usus

Kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko masalah usus inflamasi yang dikenal dengan penyakit crohn. Tandanya terjadi pendarahan di usus, nyeri dan diare, serta beberapa gejala lainnya. [Okezone]

Related posts