Masjid Manchester tolak kuburkan jasad Bomber Salman Abedi

Masjid Manchester tolak kuburkan jasad Bomber Salman Abedi
theindependent.co.uk

Manchester (KANALACEH.COM) – Masjid Pusat Manchester dilaporkan menolak mengurus dan menguburkan sisa-sisa jasad Salman Abedi, pelaku bom (bomber) bunuh diri yang tewaskan lebih dari 20 orang di Manchester Arena. Otoritas kota setempat juga menolak mengubur maupun mengkremasi jasad Abedi.

Masjid Pusat Manchester yang menyediakan layanan pemakaman tradisional untuk komunitasnya menyatakan bahwa komite eksekutif masjid telah sepakat untuk tidak menangani tubuh pembunuh massal tersebut. Demikian laporan The Times, semalam (31/5).

Jasad pelaku bom bunuh diri itu seperti dilaporkan Manchester Evening News masih disimpan di kamar mayat sebuah rumah sakit yang terpisah dari jasad korban-korban serangannya.

Kepolisian Greater Manchester mengatakan, Abedi kemungkinan membeli sebagian besar komponen bom dan tindakannya dilakukan sendirian.

Kepala Unit Kotra Terorisme North West, Russ Jackson, menjelaskan serangan yang dilakukan Abedi telah direncanakan secara rapi. ”Pertanyaan kami menunjukkan bahwa Abedi sendirian dalam melakukan sebagian besar aksi pembelian komponen inti (bom),” kata Jackson.

“Dan yang menjadi jelas adalah bahwa banyak gerakan dan tindakannya telah dilakukan sendiri selama empat hari sejak dia mendarat di wilayah tersebut dan melakukan serangan mengerikan ini,” lanjut Jackson.

Polisi telah menyelidiki gerakan terakhir Abedi dengan meneliti data panggilan teleponnya dan mengamati pergerakannya di CCTV.

”Kami juga memiliki pemahaman yang baik tentang kemungkinan komponen dari bom dan dari mana asalnya,” ujar Jackson.

Petugas masih berusaha untuk menentukan apakah Abedi adalah bagian dari jaringan yang lebih luas atau bukan. Kemungkinan Abedi bagian dari jaringan teror besar, belum diabaikan pihak kepolisian. [Sindo]

Related posts