Kodim dan Masyarakat Gayo tanam 1.000 pohon

Kodim dan Masyarakat Gayo tanam 1.000 pohon
(Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Ratusan masyarakat dataran tinggi Gayo melaksanakan penanaman 1.000 pohon, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di depan Kantor Bupati Aceh Tengah, Kecamatan Lut Tawar, Senin (5/6).

Acara itu bertemakan “Kami Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat Berpartisipasi Dalam Menjaga Lingkungan Demi Memberikan yang terbaik untuk Generasi Akan Datang”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, Bupati Aceh Tengah, Nasruddin, Kapolsek Lut Tawar, Ipda Midian Siagian, Kadis Lingkungan Hidup Aceh Tengah, Zikriadi, Kadishub Aceh Tengah, Drs Ishak, Kepala BPBD Acrh Tengah, Muhammad Tamrin, Prajurit Kodim 0106/Ateng, anggota Gayo bersatu, anggota LSM Hijau Ateng, anggota HMI Ateng dan anggota Dishub serta anggota BPBD.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kepedulian dari berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih.

Selain itu dikatakannya, untuk mengurangi dampak pemanasan global dan aplikasi Peringatan Hari lingkungan hidup sedunia, meningkatkan absorbsi gas CO2, SO2 dan polutan lainnya, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor dan meningkatkan upaya konservasi sumberdaya genetik tanaman pelindung dan penghijauan.

“Serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa yang melekat pada kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Bupati Nasruddin mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada yang terlibat dalam penanaman pohon ini sehingga kegiatan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup se-Dunia ini dapat terlaksana.

“Kita sudah tahu bahwa menanam pohon banyak fungsinya diantaranya dapat menampung air, coba kita bayangkan kalo kita menanam pohon 1.000 batang akan menampung 1.000 bak air ini tentunya akan bermanfaat bagi kita,” ujarnya.

Selain itu daunya juga menghasilkan Co2 sehingga akan bermanfaat bagi tubuh dan lingkungan sekitar.

“Apalagi di zaman modern ini banyaknya kendaraan mengakibatkan polusi sehingga asapnya akan dihisap oleh daun sehingga akan bersih, pohonnya  bisa dimanfaatkan oleh manusia, dari segi agama menanam pohon akan mendapat pahala dari Allah SWT,” jelas Nasaruddin. [Aidil/rel]

Related posts