2.512 peserta SBMPTN lolos di Unsyiah

5 Februari, Unsyiah pilih rektor baru
Gedung biro rektor Unsyiah, Banda Aceh.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 2.512 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dinyatakan lulus seleksi masuk di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Pengumuman hasil SBMPTN 2017 dapat dilihat secara online di  laman  http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan, 2.512 peserta yang lulus terbagi atas tiga kelompok ujian, yaitu kelompok saintek diterima sebanyak 1.264 orang, soshum diterima 610 orang, dan campuran sebanyak 638 orang.

Peserta SBMPTN 2017 juga dapat melihat pengumuman hasil seleksi pada laman mirror 12 PTN di Indonesia, salah satunya laman mirror Unsyiah di situs http://sbmptn.unsyiah.ac.id.

“Sebagaimana yang sudah disampaikan sebelumnya, peminat yang memilih Unsyiah pada jalur masuk SBMPTN 2017 mencapai 42.809 orang, namun hanya 2.512 orang yang lulus seleksi,” katanya di Banda Aceh, Selasa (13/6).

Ia mengungkapkan, bagi peserta SBMPTN yang belum berkesempatan lulus dapat mendaftarkan dirinya pada jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM PTN-BARAT) 2017. Pendaftaran jalur tersebut sudah dibuka sejak 1-30 Juni 2017. Pendaftaran dilakukan secara online di situs www.smmptnbarat.id.

“Selain itu, Unsyiah juga membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang berprestasi yang bernama Seleksi Jalur Prestasi,” ujarnya.

Disebutkan, calon peserta Seleksi Jalur Prestasi harus memenuhi syarat, antara lain harus memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah, memiliki prestasi di tingkat nasional atau internasional dalam bidang olahraga, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Kemudian hafiz Alquran 30 juz juga diperkenankan untuk mendaftar pada jalur ini. Semua calon peserta berusia tidak lebih dari 23 tahun dan memiliki nilai rapor SMA yang baik, sehat jasmani dan rohani, dan bebas narkoba.

“Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Prestasi akan ditetapkan oleh panitia,” jelas Samsul.

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia pusat SBMPTN 2017, dari 797.739 pendaftar SBMPTN 2017, yang dinyatakan lulus sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen sebagai calon mahasiswa di 85 PTN seluruh Indonesia. [Aidil/rel]

Related posts