Ngabuburit di Gampong Jawa, mulai dari tarik pukat hingga pemandangan sunset

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menjelang berbuka puasa saat bulan Ramadan banyak cara masyarakat melakukan aktivitas di sore hari, salah satunya menghabiskan waktu ngabuburit di lepas pantai Gampong Jawa, Banda Aceh.

Selain indahnya suasana pantai, masyarakat setempat juga bisa menikmati para nelayan yang sedang menarik pukat (Tarik pukat).

“Tadi lewat, lihat nelayan tarik pukat dan pemandangannya bagus,” kata Afzal warga Gampong Laksana kepada kanalaceh.com, Kamis (15/6).

Warga berbondong-bondong melihat Tarik Pukat saat sore hari dikawasan pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, Kamis (15/6). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Ia mengaku sangat senang melihat antraksi tarik pukat yang merupakan kebudayaan Aceh itu sendiri. “Jarang-jarang bisa kita liat lagi, tapi disini bisa dinikmati sepuasnya,” kata Afzal yang juga mahasiswa FKIP Sejarah Unsyiah tersebut.

Selain Afzal, hal yang sama juga dirasakan Zekia, ia bersama rekannya tidak secara khusus menikmati indahnya suasana sore hari di pantai yang hanya beberapa meter dari tugu nol kota Banda Aceh ini.

“Kebetulan cari ikan, jadi ada tarik pukat, sambil menunggu buka juga,” ujar Zekia disela-sela antraksi penarikan pukat tersebut.

Zekia mengatakan setiap dirinya membeli ikan, hampir setiap harinya dikawasan pantai itu selalu ramai dikunjungi warga saat sore hari.

“Apalagi ada nelayan yang menarik pukat, orang kan suka liatnya karena unik,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts