THR cair, jaga hawa nafsu “umbar-umbar” uang

  • Whatsapp
THR cair, jaga hawa nafsu "umbar-umbar" uang
Ilustrasi (okezone)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Lebaran menjadi momentum yang paling membahagiakan bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia. Selain sudah dekat menuju hari kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh, hari kemenangan yang sering disebut hari Raya Idul Fitri juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama sanak saudara dan saling bermaaf-maafan.

Momentum Hari Raya akan lebih membahagiakan dengan tambahan dana Tunjangan Hari Raya (THR) yang sudah cair seminggu sebelum lebaran. Sehingga banyak yang sudah merencanakan kegiatan-kegiatan liburan dan list barang yang akan dibeli dari uang THR tersebut.

Namun, Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan uang THR tidak seharusnya langsung dihabiskan atau umbar-umbar untuk kesenangan sesaat. Karena setelah lebaran kita masih akan menghadapi hari-hari yang tentunya masih membutuhkan biaya.

“Biar tidak boros sebaiknya kita sisihkan dulu dari THR itu untuk kebutuhan rutin bulan depan. Lalu buat estimasi kebutuhan kita selama berlebaran apa saja, termasuk didalamnya seandainya kita harus beri THR untuk asisten rumah tangga. Dari estimasi kebutuhan itu kita bisa pantau sejauh mana sudah pemakaian dananya,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi Anda yang akan melakukan mudik karena mudik menjadi sebuah tradisi tahunan, maka tips yang dianjurkan oleh Andi adakah dengan membawa bekal dari rumah.

Sehingga dalam perjalanan ke kampung halaman Anda tak akan terlalu boros di jalan. Sama halnya bagi yang mudik menggunakan peswat sebaiknya tetap membawa bekal dari rumah agar tak boros jajan di bandara yang pasti lebih mahal dari restauran biasa.

“Bila memungkinkan bawa bekal makanan untuk selama diperjalanan, tentu akan lebih baik. Karena yang pertama ngirit, kedua sudah sesuai selera kita, ketiga udah tahu higienisitasnya seperti apa. Mencari makanan pada waktu masa mudik kadang seperti main jackpot. Kalau lagi beruntung pas macet eh nemu tempat makan yang enak, bersih, murah pula. Kalau lagi apes ya dapet yang sebaliknya. Begitu juga yang naik pesawat,” tukasnya. [Okezone]

Related posts