KNPI usul Zaini Abdullah jadi Wali Nanggroe

KNPI usul Zaini Abdullah jadi Wali Nanggroe
Dokumentasi - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Selasa (2/5). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua DPD KNPI Aceh, Zikrillah Ibna, mengusulkan Zaini Abdullah menjadi Wali Nanggroe setelah meyelesaikan tugas sebagai Gubernur Aceh. Hal ini disampaikan dalam pertemuan penyerahan penghargaan KNPI Aceh kepada Gubernur Aceh atas dedikasinya membangun Aceh, Rabu (21/6).

Usulan ini menurut Zikri agar transisi roda pemerintahan dari pemerintahan sebelumnya kepada pemerintahan yang baru tetap terkoordinasi dengan baik, dan ke depan juga tetap menjadi seperti ini.

“Siapapun yang menjadi Gubernur maka setelahnya langsung menjabat sebagai Wali Nanggroe, jika mantan Gubernur menjadi Wali Nanggroe tentu sudah mencukupi persyaratannya dan tidak diperlukan tes lagi karena semua persyaratan untuk menjadi WN sudah dilewati saat tes menjadi Gubernur,” katanya.

Zikri menambahkan, dengan pengalaman memimpin selama menjadi Gubernur tentu akan membuat seorang WN menjadi sangat berwibawa dan berpengalaman dalam memberikan masukan kepada Gubernur dalam menjalankan roda pemerintahannya.

“Jadi, Gubernur ke depan otomatis menjadi WN, tidak diragukan lagi kemampuannya dalam membaca Alquran, menguasai adat istiadat dan ilmu pemerintahan. Ini akan memberikan keistimewaan dan kewibawaan bagi WN nantinya, ujarnya.

Usulan ini, lanjutnya, memang perlu penyesuaian dalam Qanun WN nantinya, dan KNPI sedang mempersiapkan draft Qanun WN yang seperti ini untuk diajukan kepada Gubernur dan DPRA nantinya.

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh, Safaruddin, mengapresiasi dan mendukung usulan ini. Jika mantan Gubernur menjadi WN tentu akan memperkuat roda pemerintahan.

“Jika pemerintahan kuat maka program pemerintah untuk memberikan kesejahteraan dan keadilan social bagi masyarakat akan cepat terwujud. Perpaduan Gubernur dan Mantan Gubernur yang menjadi WN ini tentu akan membuat Aceh semakin kuat,” tambah Safaruddin. [Aidil/rel]

Related posts