Di Nagan Raya, ribuan masyarakat shalat Idul Fitri hari ini

Di Nagan Raya, ribuan masyarakat shalat Idul Fitri hari ini
Ilustrasi, Ribuan masyarakat Nagan Raya pengikut Thariqat Syattariyah atau pengikut Habib Muda Seunagan melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 H, Sabtu (24/6). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Suka Makmue (KANALACEH.COM) – Ribuan masyarakat di Kabupaten Nagan raya hari ini mulai melakukan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah, Sabtu (24/6). Ribuan masyarakat itu ialah pengikut Tarekat Syattariyah atau pengikut Habib Muda Seunagan.

Pelaksanaan shalat id tersebut berpusat di Masjid Peulekung, Kecamatan Seunangan Timur. Selain itu juga dilaksanakan dibeberapa kecamatan lainnya di Nagan Raya.

T Zulkarnaini salah satu pengikut Tarekat Syattariyah mengatakan, cepatnya pelaksanaan shalat hari raya Idul Fitri dikarenakan mengikuti hisap saat bulan ramadan atau puasa genap 30 hari.

“Kita mengikuti hisab (puasa genap 30 hari,” kata Ampon Bang sebutan Zulkarnaini yang juga Bupati Nagan Raya kepada media.

Menurut Ampon Bang, di daerahnya para pengikut Abu Peulekung itu sudah mencapai 30 persen saat ini dan juga melaksanakan shalat id hari ini.

Selain di Nagan Raya, lanjut Ampon pengikut Tarekat Syattariyah juga tersebar dibeberapa kabupaten lainnya, seperti di Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Gayo Lues. [Fahzian Aldevan]

Related posts