Pemerintah masih kaji rencana TNI gempur ISIS di Filipina

Pemerintah masih kaji rencana TNI gempur ISIS di Filipina
Pasukan Rangers Filipina mengambil posisi di salah satu sudut kota dalam misi memerangi kelompok militan Maute yang menduduki kota Maute. (AFP)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, langkah untuk mengirim pasukan Tentara Nasional Indonesia ke Marawi, Filipina, masih dalam tahap finalisasi.

“Kita sedang menyelesaikan berbagai rencana itu. Tetapi yang pasti, yang sudah bergerak di lapangan itu kan patroli maritim bersama,” kata Wiranto di Jakarta, Senin (3/7).

Menurut Wiranto, berbagai persiapan saat ini tengah dilakukan baik oleh Indonesia atau pun Filipina.

Ads

Mulai dari persiapan konstitusional, legislasi, hingga penyamaan prosedur operasi bersama.

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, TNI akan masuk ke Marawi untuk menggempur militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang menguasai wilayah itu.

“Untuk mengirim pasukan ke sana tidak gampang kan. Jadi kita tunggu sejauh mana. Jadi jangan sampai ada isu kita sudah mengirimkan pasukan ke sana, belum. Kita sedang merancang suatu yang baik,” ucap Wiranto.

Wiranto menambahkan, tawaran Filipina agar TNI ikut membantu menggempur pasukan ISIS patut dihargai.

Ia menganggap tawaran tersebut berarti Filipina menghargai Indonesia sebagai negara yang memiliki pasukan mumpuni.

“Nah, sekarang sedang kita rancang bersama bagaimana melakukan suatu prosedur operasi bersama, apakah latihan, atau operasinya, sedang digarap oleh (TNI) Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara,” ucap Wiranto. [Kompas.com]

Ads