Harga ikan di Lhokseumawe turun

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Harga ikan segar di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dalam dua hari terakhir, menurun hingga 40 persen, akibat banyaknya hasil tangkapan nelayan.

Dari pantauan di Pasar Inpres Lhokseumawe, Sabtu, harga ikan tongkol yang biasanya Rp25 ribu turun menjadi Rp18 ribu/Kg dan ikan gembung dari Rp35 ribu menjadi Rp20 ribu/Kg.

Menurut Zakaria, salah seorang pedagang menyebutkan, aktifnya kembali nelayan melaut seperti biasa, harga ikan segar menurun dari sebelumnya.

“Sekarang, harga ikan sudah turun karena nelayan sudah aktif melaut bahkan hasil tangkapannya juga banyak,” ucap pedagang ikan itu.

Lanjutnya, hampir semua jenis ikan turun harganya. Namun ada beberapa jenis ikan dengan kualitas ekspor yang bertahan tinggi harganya, seperti ikan tuna, kerapu dan beberapa jenis ikan lainnya yang memiliki nilai jual tinggi.

Tambahnya, membanjirnya ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat untuk jenis ikan tertentu, seperti tongkol atau cakalang diolah menjadi ikan kayu.

Jenis ikan kecil lainnya, diolah menjadi ikan asin dan ikan teri diolah menjadi teri kering yang dipasok ke beberapa kota di Sumatera, kata Zakaria. [Antara]

Related posts