Polisi Singkil Rehab rumah tidak layak huni

salah satu warga yang rumahnya direhab. (ist)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) –  Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-71 Polres Aceh Singkil melakukan rehab rumah warga tidak layak huni di Aceh Singkil, guna meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu.

Rehab rumah warga tidak layak huni itu atas kerja sama Kepolisian Polres Aceh Singkil dengan Komunitas Share Smile(berbagi senyuman) yang berjumlah 300 orang lebih dalam program “Bedah rumah tidak layak huni”.

Salah satu rumah yang dibedah di Desa Blok 6 baru, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil Rumah milik Suratman, kuli bangunan yang telah bertahun-tahun bermimpi dan berharap, akhirnya bisa memiliki rumah layak huni yang selama ini selalu terabaikan.

Bedah rumah ini menjadi kado istimewa di HUT Bhayangkara ke 71bagi Suratman, betapa tidak rumahnya kecil tempatnya berteduh bersama istri dan dua orang anak yang sudah remaja akan direhap menjadi rumah layak huni.

Keyakinan rumahnya akan direhab bertambah setelah Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin Sik, bersama Komunitas Share Smile menyambangi kediamannya, dua kali hari Kamis dan Jum’at (7/7) sore. Ditambah lagi material bangunan seperti papan, kayu broti, pasir dan belasan kubik sertu  sudah bergelimpangan di halaman rumahnya.

Suratman kepada wartawan mengaku, dirinya adalah salah satu korban gempa Aceh – Nias 2005 silam. Rumahnya tubuh pada saat sedang dibangun semi permanen, sehingga menyebabkan kerugian puluhan juta rupiah, namun terabaikan oleh pihak yang bersangkutan.

Namun tidak putus asa disitu saja, dirinya juga sudah mencoba mengajukan bantuan rumah, ke Pemerintahan setempat, seperti bantuan rehab, rumah duafha, bahkan bantuan Kementerian perumahan rakyat dari pusat, ironisnya, bisa luput, kendati pihak yang bersangkutan mendata dan memfoto rumahnya yang sangat sederhana sekali. Akhirnya ia pasrah saja selama bertahun-tahun ini.

“Sudah sering sekali rumah kami difoto, tapi gak pernah jadi dibantu, ini diluar dugaan kami, baru sekitar seminggu lalu dari Share Smile kemari ambil foto, dua hari berikutnya material masuk, sekarang pak Kapolres kemari juga, kami sangat bersyukur,” kata Pria paruh baya yang berprofesi sebagai buruh bangunan itu.

“Tujuan kami adalah membantu saudara sesama kami sekaligus bentuk syukuran di HUT Bhayangkara ke 71, untuk rehap ini kami bekerjasama dengan Komunitas Share Smile, komunitas yang saat ini konsen di masalah rumah tidak layak huni keluarga kurang mampu,” kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin Sik saat meninjau rumah Suratman.

Ian menyatakan, targetnya di HUT Bhayangkara tahun 2017 ini, akan membedah tiga unit rumah tidak mampu yang tidak layak huni. Pun demikian saat ini baru satu unit yang mulai dikerjakan, selebihnya masih dalam tahap finalisasi data bersama komunitas Share Smile.

“Rencananya ada tiga unit, kami berharap ini dapat menggugah hati masyakat yang mampu untuk berbagi kepada sesama, ke depan kami akan berupaya agar program ini tetap berjalan. Kami jalankan bersama baik Share Smile, dan kami juga mengajak masyarakat yang mampu untuk berbagi,” ujarnya. [Randi/rel]

Related posts