Ribuan peserta SMM PTN-BARAT bersaing masuk Unsyiah

Unsyiah terima 2.184 cama lewat SBMPTN
Calon mahasiswa mengikuti Ujian SBMPTN di Unsyiah, Selasa (16/5) (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 3.076 peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-BARAT) akan bersaing untuk masuk Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui ujian tulis Sabtu (8/7) kemarin.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah Dr Hizir melalui Kepala Humas Unsyiah Husni Friady MM mengatakan, kelompok ujian SMM PTN-BARAT 2017 terbagi tiga jenis, yaitu kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TKPA, TKD dan Saintek, kelompok ujian Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD, dan Soshum, serta kelompok ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.

“Dari 3.076 peserta SMM PTN-BARAT, sebanyak 1.324 peserta atau 43,02 persen memilih Saintek, lalu 1.321 orang atau 42.95 memilih Soshum, dan 431 peserta atau 14,03 persen memilih kategori Campuran,” jelas Husni.

Sebagaimana informasi sebelumnya, kata Husni, Unsyiah menyediakan kuota sebesar 30 persen untuk penerimaan calon mahasiswa jalur SMM PTN-BARAT. Sebelumnya, Unsyiah sudah melaksanakan dua jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Selain itu, bagi peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjakesrek) serta Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) diwajibkan untuk mengikuti ujian keterampilan di samping wajib mengikuti ujian tulis,” ujarnya.

Disebutkan, ujian keterampilan akan dilaksanakan pada 9-10 Juli 2017. Sementara hasil ujian SMM PTN-BARAT akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2017 mulai pukul 14.00 WIB.

Hasil ujian akan diumumkan secara online pada situs http://www.smmptnbarat.id. Ujian SMM PTN-BARAT ini dilaksanakan secara serentak bersama 15 PTN yang ada di wilayah barat Indonesia. [Aidil/rel]

Related posts