Kemenag Aceh luncurkan Trailer film dokumenter tentang potret pendidikan pedalaman Aceh

(aceh.kemenag.go.id)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Subbag Informasi dan Humas mengeluarkan Trailer Film Dokumenter yang mengisahkan tentang Potret pendidikan di pedalaman Aceh, Rabu (12/7).

Dalam  cuplikan trailer film dokumenter Cahaya di atas Bukit ini mengisahkan tentang sosok Pak Thamrin. Semasa hidupnya putera Gayo itu menjabat kepala KUA di Takengon. Namun di sela-sela waktunya dia terus menyempatkan diri membangun pendidikan pada sebuah dusun  di kecamatan Pegasing Aceh Tengah.

Usahanya tidak sia-sia. Tahun 2013, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kala Wih Ilang resmi berdiri dan beroperasi. Bangunannya berlantai tanah dan berdinding papan. Atapnya, seng bekas sumbangan dari masyarakat sekitar.

Pada trailer ini keponakannya Mahyudin bercerita tentang kegigihan pak Thamren yang bersikeras membangun sebuah madrasah.  Cita-cita itupun tercapai.

Walau jauh dari pusat keramaian dan fasilitas pendidikan sangat terbatas, namun semangat anak-anak disana tidak berkurang untuk menuntut ilmu.

Ada hal yang menarik dari film ini.  Diantara murid-murid MIS Kala Wih Ilang, terdapat anak-anak dari keluarga non-Muslim yang ikut menimba ilmu disana. Namun,  guru-guru disana tidak pernah membatasi anak-anak non muslim untuk belajar. Menurut para pengajar, ilmu adalah cahaya untuk semua orang. Soal keimanan masalah pribadi setiap orang.

Bagi yang ingin nonton full version harap bersabar.  Tidak lama lagi film ini akan dilaunching dan  akan di tayangkan di  chanel youtube Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Film tersebut lahir atas inisiasi dan perintah dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Drs. H. M. Daud Pakeh Usai meninjau kondisi pendidikan di beberapa Kabupaten pedalaman Aceh.[Randi/rel]

Related posts