Kementan bantu benih padi VUTW untuk Abdya

Perluasan cetak sawah baru di Aceh Selatan seluas 613,2 hektare
Ilustrasi. (Republika)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kementerian Pertanian akan menyalurkan bantuan benih padi varietas unggul tahan wereng (VUTW) kepada petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk musim tanam rendengan 2017.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Abdya, Muslim Hasan di Blangpidie, Kamis menyatakan, untuk MT rendengan ini, pihaknya telah menyiapkan benih padi VUTW untuk 10 ribu hektare lahan sawah.

Menurut Muslim, benih padi varietas unggul jenis “ciherang” yang telah dipersiapkan tersebut merupakan bantuan dari pihak Kementan RI untuk petani Kabupaten Abdya sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Pemerintah pusat memberikan bantuan benih padi VUTW untuk petani Abdya, supaya pada musim tanam rendengan, tanaman padi terbebas dari serangan hama wereng coklat,” ujarnya.

Ia mengemukakan, serangan hama wereng coklat terhadap sebagian tanaman padi di Abdya saat ini disebabkan oleh benih padi yang tidak terjamin bebas dari hama, sehingga menjadi sumber inang bagi tanaman padi.

“Pada MT Gadu saat ini, hampir rata-rata benih padi yang digunakan petani adalah bibit lokal atau benih dari hasil panen tahun lalu yang dibeli sendiri oleh petani, sehingga benih-benih yang digunakan itu tidak terjamin bebas dari hama wereng coklat,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pada musim tanam padi rendengan tahun ini pihak Distan Abdya telah menyiapkan benih padi unggul yang tahan terhadap hama wereng coklat yang nantinya diberikan kepada seluruh petani secara gratis.

“Sebenarnya, bantuan benih padi ini awalnya mau disalurkan pada Maret 2017 dalam rangka untuk mempercepat MT Gadu.  Tapi jumlah benih tidak banyak, cuma 4 ribu hektare,” katanya.

Kemarin, kata dia, tim dari Kementan turun lagi ke Abdya dalam rangka meninjau tanaman padi yang diserang hama tersebut. Di sela-sela acara, mereka menyatakan benih padi bantuan APBN jumlahnya akan ditingkatkan menjadi 10 ribu hektare lahan sawah.

“Insyaallah pada akhir Agustus 2017, benih padi bantuan Pemerintah Pusat itu sudah tiba di Abdya. Jadi, semua berkas hasil survei calon petani dan calon lahan (CPCL) sudah kita berikan kepada tim Kementerian itu,” katanya.

Selain benih padi unggul yang tahan hama penyakit, untuk musim tanam padi MT rendengan September 2017- Maret 2018. Pemerintah Provinsi Aceh juga memberikan bantuan pupuk gratis kepada petani Abdya untuk ukuran seluas 1.500 hektare lahan sawah.

“Saya berharap petani di pedesaan terus melakukan upaya proaktif dalam menjaga tanaman padi. Bila ada gelaja serangan hama wereng segera laporkan ke pemerintah. Kami  dari dinas akan berusaha melakukan penangulangan,” demikian Muslim Hasan. [Antara]

Related posts