Begini tips agar cacar air tak meninggalkan bekas

Begini tips agar cacar air tak meninggalkan bekas
ilustrasi. (aladokter.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kebanyakan penderita cacar air merasa gatal di bagian tubuh yang terserang virus. Mengapa demikian? Saat terkena cacar, tubuh akan bereaksi untuk memproduksi asam. Asam tersebut digunakan untuk melawan virus.

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster. Umumnya, cacar air ditandai dengan ruam pada kulit, timbul bintil kemerahan berisi cairan dan gatal. Cacar yang diderita oleh anak-anak dan dewasa tersebut terjadi dalam rentang waktu 7 hingga 14 hari, bergantung pada kondisi tubuh pada saat itu.

Saat merasa gatal, penderita secara tidak sadar menggaruk bagian tubuh yang terserang cacar. Garukan tersebut akan menyebabkan inflamasi sehingga meninggalkan bekas setelah cacar mengering.

Untuk mengurangi rasa gatal selama cacar, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Gunakan calamine lotion yang saat ini banyak beredar di pasaran dengan harga terjangkau.

“Saat ini tersedia cukup banyak calamine lotion dengan harga terjangkau untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh cacar. Lotion tersebut mengandung formula alkalin yang dapat menetralisir rasa gatal,” kata Anshu Bhimbat, ahli farmasi  dari Lloyds Pharmacy, Buckinghamshire, Inggris.

Mengoleskan calamine lotion yang bersifat antiseptik sangat penting agar penderita cacar air tak sering menggaruk kulitnya. “Karena  garukan hanya menginfeksi kulit dan meninggalkan bekas luka,” kata Anshu Bhimbat.

2. Jaga kuku jari tangan tetap pendek. Kuku-kuku yang panjang membuat kulit gampang terluka saat digaruk. Selain itu, kuku-kuku yang panjang juuga rawan terkena kotoran.

3. Banyak minum air
“Jangan lupa minum banyak air untuk menghidrasi tubuh dari dalam,” ujar Anshu Bhimbat. [Tempo]

Related posts